103 views

KABAR KOTA PROBOLINGGO : Antisipasi Lonjakan Harga Di Bulan Ramadhan, Wali Kota Probolinggo Sidak Pasar

 

Probolinggo Kota, MA – Datangnya Ramadhan jadi perhatian Pemkot Probolinggo. Di pekan pertama Ramadhan, Wali Kota Hadi Zainal Abidin bersama Kapolresta AKBP Alfian Nurizal dan Wawali Mochammad Soufis Subri melakukan pemeriksaan mendadak (sidak) ke Pasar Baru Kota Probolinggo, Senin (13/5) siang.

Hasil sidak, tidak ditemukan harga yang cukup signifikan yang terjadi, seperti yang dikhawatirkan. Namun, tim satgas makanan akan terus melanjutkan harga kebutuhan pokok tidak dipermainkan dan terjadi penimbunan.

Seperti diketahui, diambil Ramadan, lonjakan harga sempat terjadi pada komoditi bawang putih yang harganya mencapai Rp 80 ribu per kilogramnya. Nah saat ini, harga bawang putih berangsur stabil ke harga Rp 35 ribu per kilogram, per Senin (13/5).

Harga daging ayam dan daging sapi terpantau tidak ada kenaikan harga yang drastis. Daging ayam yang biasanya Rp 30 ribu naik menjadi Rp 33 ribu, sedangkan daging ayam kampung per kilogram Rp 60 ribu. Daging sapi pun masih dikisaran Rp 100 ribu – 105 ribu per kilogram untuk kualitas biasa. Sementara daging sapi kualitas apik masih tetap diharga Rp 110 ribu.

“Kami sidak untuk melihat kondisi sekarang, karena kemarin-kemarin ada penambahan daging ayam dan sapi. Dan, kami harap menyambut Hari Raya Idul Fitri tidak ada lonjakan yang sangat tinggi, ”harap Habib Hadi –sapaan akrab wali kota-, yang sempat memborong daging sapi untuk ia bagi-bagikan.

Habib Hadi meminta, distributor atau pengepul jangan sampai mengambil harga, serta memanfaatkan momen mengambil lebaran. Untuk itu, ada langkah yang diambil untuk dipindahkan pada kondisi tersebut. Pemerintah Kota Probolinggo bersama Polres Kota Probolinggo, melalui satgas pangan siap pakai yang diminta.

“Jangan sampai dilihataknya menaikkan harga. Mempengaruhi, masyarakat yang merasakan dampaknya. Stok melampaui ini masih aman semua. Kami akan pantau terus, jangan sampai ada penumpukan di gudang dan kosong di pasaran, ”terangnya.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal pun membenarkan terkait kondisi harga di pasar saat ini. “Harga bawang putih naik, daging ayam ras ada naik sedikit. Kami pun berharap itu tidak ada penimbunan yang terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota. Kami dengan satgas makanan akan mengembalikan harga sampai lebaran nanti, ”ujar perwira dengan dua melati di pundaknya itu.

AKBP Alfian pun mengimbau untuk semua pedagang untuk tidak mempermainkan harga yang diminta sampai melakukan penimbunan. “Karena ada hukuman berat jika terbukti melakukan penimbunan,” tegas kapolresta. (Senopati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *