133 views

KABAR PROBOLINGGO : Babinsa Sindet Anyar Koramil 0820/14 Besuk : Lansia Sehat Tolok Ukur Kesehatan Wilayah

Probolinggo, MA – Panjang umur dan memiliki kesehatan yang prima adalah harapan setiap insan. Ini pula yang mendasari dari diselenggarakannya Sosialisasi dan Pelatihan Kesehatan Lansia bagi masyarakat Desa Sindet Anyar Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo yang diselenggarakan di pendopo desanya, Minggu (19/05). Kegiatan yang diawali sore hari tepatnya pkl. 16.30 Wib diselenggarakan sekaligus ajang buka puasa bagi para warga masysrakat penyandang usia lanjut.

Kepala Urusan Kesra Kecamatan Besuk sebagai supervisi kegiatan memberikan pandangan latar belakang diselenggarakan sosialisasi ini. Tentunya dengan menggandeng tenaga penyuluh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. Turut hadir Babinsa Desa Sindet Anyar Serma Budiman selain dari perangkat desa berikut warga sebagai peserta yang tidak kurang sekitar dua ratus orang.

Bagi Serma Budiman yang bisa dikatakan cukup lama menjabat sebagai Babinsa setempat menyatakan bahwa memang cukup banyak warga yang berusia lanjut. “Tidak heran bila warga Sindet diatas usia 60 tahun”, ucap Serma Budiman. Kehidupan desa dengan udara yang masih bersih dan pola makan yang bisa dikatakan sederhana dalam pemanfaatan hasil berkebun bisa dikatakan benar adanya seperti dalam sosialisasi tadi yang diikutinya. Yang menjadi pekerjaan rumahnya sebagai Babinsa yang harus melaksanakan pembinaan desanya adalah menyempurnakan dari kondisi yang sudah ada.

Pola kesehatan yang sudah ada dan bisa dikatakan baik, perlunya ditindaklanjuti dengan pemberian pemahaman dengan pola penanganan bila warga sakit serta hidup teratur, termasuk didalamnya untuk berolahraga. “Kedepan perlunya kegiatan yang terkoordinir dalam bentuk aksi teratur seperti olahraga bersama bagi lansia”, ucap Babinsa Desa Sindet Anyar. Sedangkan menyinggung pola makan, akan memiliki kesulitan kecuali kita sendiri bisa melihat dengan pola makan dan pendapatan masyarakat. Yang mungkin adalah mendekatkan dari kesempurnaan dari kata empat sehat lima sempurna dengan menimbang hasil kebun yang ditanam warga, terang Serma Budiman.(Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *