117 views

KABAR PROBOLINGGO : Babinsa Kedungsupit,Menjalin Komunikasi untuk Semua Warga

Probolinggo, MA – Babinsa bila tidak melaksanakan pendampingan pertanian atau kesehatan, yang dikerjakan adalah pembinaan di desa binaannya. Bentuk pembinaan yang kadang tidak dirasakan adalah berkomunikasi mengunjungi para warga binaannya.

Mudah untuk dikatakan namun sulit untuk dipraktekan bagi sebagian orang dalam menjalin komunikasi yang baik. Inilah yang dilakukan oleh Serda Damin, personel Koramil 0820-07/Wonomerto.

Serda Damin adalah Babinsa Desa Kedungsupit Kecamatan Wonomerto. Hari ini dengan berpakaian dinas sehari-hari berkeliling di Dusun Bintaosan RT 05 RW 03, Senin (20/05/19).

Terkadang apa yang sudah dilewati belum tentu disinggahi dan dikenal. Dalam mengetahui warga binaannya secara otomatis tidak ada yang harus dibedakan dalam perlakuan. Dalam lingkungaan wilayah desa, warga dalam status sosialnya akan beragam baik dibedakan karena pendidikan maupun mata pencaharian. Bisa pula atas latar belakang tertentu.

Menemui Nurhadi di Dusun Bintaosan bukan karena ketokohannya melainkan karena jalinan komunikasi harus terjaga dengan seimbangnya. “Sudah lama tidak mengunjungi”, ucap Serda Damin. Latar belakangnya adalah kerja serabutan. Ditemui di rumahnya terlihat santai, bila senggang dan tidak ada kerjaan maka digunakan waktunya untuk santai atau mengurus kebun kecil yang ada disamping rumahnya.

Terkadang, berkunjung menemui warga yang beragam akan memunculkan ide. Atau berempati atas warga yang dihadapi. Memecahkan permasalahan belum tentu murni dari hasil pemikiran, terkadang hanya mengadopsi dari contoh yang sudah dialami sebelumnya. Untuk mengetahui apa yang dialami sebagai menambah wawasan dan pengetahuan ilmi lapangan adalah dengan berkomunikasi, Serda Damin sambil menutup pembicaraan dan mengalihkan materi lainnya tentang apa yang dikerjakan Pak Nurhadi. (Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *