98 views

KABAR KOTA PROBOLINGGO : Launching MPP, 20 Instansi Lakukan Layanan Bersama.

 

Probolinggo Kota, MA – Keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Probolinggo resmi di-launching Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, Senin (20/5) pagi. Ada 209 jenis layanan dari 20 instansi yang siap melayani masyarakat di eks gedung Islamic Center, Jalan Basuki Rahmat.

MPP sendiri, setiap harinya, beroperasi mulai pukul 08.00-15.00 WIB, sedang pada hari Jumat dibuka pukul 08.00-14.30 WIB. MPP di Kota Probolinggo merupakan MPP yang ke-27 se-Indonesia yang telah di-launching oleh pemerintah daerah.

Launching MPP Kota Probolinggo dihadiri oleh sejumlah pejabat. Selain Wali Kota, nampak juga Wawali HMS. Subri, Kapolresta AKBP. Alfian Nurrizal, Dandim 0820 Letkol Imam Wibowo dan Kajari Martiul.

Diakui oleh Habib Hadi, MPP saat ini masih memerlukan banyak perbaikan untuk menyempurnakannya. Baik dari segi keamanan, fasilitas maupun kerindangannya. Namun, harapnya, kondisi tersebut tidak akan menghalangi proses pelayanan kepada masyarakat.

“Tingginya kebutuhan dan permintaan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik diformulasikan dalam mal ini.Masyarakat tidak perlu keluar masuk sejumlah instansi untuk mengurus pengajuan perizinan,” imbuh Habib Hadi dalam sambutannya.

Letak MPP Kota Probolinggo ini dinilai Wali Kota sangatlah strategis. Sehingga, lanjut Habib Hadi, sangat memungkinkan meningkatkan kebutuhan pelayanan publik di pemerintah dan instansi vertikal. Ya, harapan masyarakat pada pelayanan publik sangat besar. Sebab, memberikan kemudahan, murah, terjangkau dan terukur. Sesuai semangat reformasi birokrasi serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Habib Hadi pun tak lupa untuk meminta petugas MPP untuk menerapkan 5S. Yakni. senyum, salam, sapa dan sopan santun. Sehingga, masyarakat merasa dihargai, aman dan nyaman.

Soal imigrasi, Wali Kota masih berupaya keras agar bisa terlayani di MPP. Sebab, Menkumkam RI sudah menyetujuinya. “Insya Allah segera terealisasi dan menjadi bagian dari Mal Pelayanan Publik. Mengurus haji dan umrah, juga bisa disini. Mal Pelayanan Publik ini menjadi wadah masyarakat untuk urus perizinan, biar tidak bingung, tidak perlu kemana-mana. Insya Allah terselesaikan di hari yang sama,” ujar Habib Hadi.

Seremonial dibukanya Mal Pelayanan Publik ditandai dengan pemberian bantuan kepada kaum duafa, pelepasan balon dan pembukaan tirai mal oleh Wali Kota bersama Forkopimda.

Saat berkeliling ke dalam mal, banyak instansi yang bersyukur dengan keberadaan mal tersebut. “Dari Kemenag sangat senang, karena pelayanan bisa langsung ditindaklanjuti disini. Kalau imigrasi tinggal tunggu kapan? Soal tempat, sudah siap,” imbuh mantan anggota DPR RI ini.

Habib Hadi berharap, masyarakat dapat memanfaatkan Mal Pelayanan Publik dengan baik. “Mudah-mudahan bisa memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Sarana prasarana akan kami perhatikan semata-mata untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat,” tegasnya.

Mal Pelayanan Publik ini dapat berdiri karena kerja sama dari Forum CSR (Coorporate Social Responsibility) Kota Probolinggo. Di antaranya memberi kursi ruang tunggu, papan pelayanan di masing-masing instansi dan tempat bermain anak-anak.

Saat ditanya apakah Mal Pelayanan Publik akan beroperasi juga saat weekend, Kepala DPMPTSP Dwi Hermanto masih akan mempertimbangkannya. “Nanti akan kami evaluasi, apakah cukup di hari kerja saja atau perlu ditambah di hari lain,” tuturnya.(Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *