114 views

KABAR PROBOLINGGO : Kecamatan Pajarakan Pungkasi Pasar Murah Bersubsidi

 

Probolinggo, MA – Kecamatan Pajarakan akhirnya memungkasi kegiatan pasar murah bersubsidi yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, Selasa (28/5/2019). Pasar murah bersubsidi ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan bahan pokok selama bulan suci Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Sebelumnya, pasar murah bersubsidi ini dilaksanakan di 6 (enam) kecamatan lain di Kabupaten Probolinggo. Yakni, Kecamatan Kraksaan, Maron, Krucil, Paiton, Besuk dan Pakuniran. Komoditi yang ditawarkan dalam pasar murah bersubsidi ini diantaranya gula 2 kg, beras 5 kg, minyak goreng 2 liter dan tepung terigu 1 kemasan. Total untuk 7 (tujuh) kecamatan, masing-masing komoditi disiapkan sebanyak 1.100 kemasan.

Dalam pasar murah bersubsidi ini, masyarakat di 7 (tujuh) kecamatan tersebut bisa berbelanja untuk mendapatkan paket sembako dengan menyerahkan kupon yang disiapkan Disperindag melalui Kasi Perekonomian Kecamatan dan foto copy KTP elektronik. Dalam setiap paketnya terdiri dari gula 2 kg dengan harga Rp 14.500 dari harga pasar Rp 24.000, beras 5 kg dengan harga Rp 39.000 dari harga pasar Rp 65.000, minyak goreng 2 liter dengan harga Rp 16.500 dari harga pasar Rp 27.000 dan tepung terigu 1 kemasan dengan harga Rp 5.500 dari harga pasar Rp 9.000.

Bagi masyarakat yang tidak kebagian kupon masih bisa berbelanja dengan harga yang sangat murah melalui sejumlah bahan kebutuhan pokok yang disiapkan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, Bulog Subdivre Probolinggo, PT. Sasa Inti Gending, PT. Indofood serta pemeriksaan kesehatan gratis oleh Naturindo.

Pelaksanaan pasar murah bersubsidi di halaman Kantor Kecamatan Pajarakan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi didampingi Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Probolinggo Deny Kartika Sari dan petugas dari Kecamatan Pajarakan.

Meskipun pasar murah bersubsidi baru dibuka pada pukul 10.00 WIB, namun masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Pajarakan sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.00 WIB. Merekapun mulai memadati halaman hingga ke pinggir jalan depan Kantor Kecamatan Pajarakan.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi mengungkapkan kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Pemkab Probolinggo dengan tujuan untuk bisa meringankan kebutuhan masyarakat Kabupaten Probolinggo di bulan suci Ramadhan sehingga pada saat lebaran nanti masyarakat tidak ada kesulitan untuk memperolah kebutuhan bahan pokok.

“Kita harapkan dengan pasar murah bersubsidi ini orang-orang yang membutuhkan bahan pokok bisa mendapatkan dengan harga murah. Kegiatan ini sifatnya berbagi, walaupun tidak gratis tapi ada subsidi sehingga bisa membantu masyarakat,” harapnya.(Senopati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *