124 views

KABAR PROBOLINGGO : Dicor, Polres Probolinggo Himbau Pengendara Tetap Waspada

 

Probolinggo, MA – Pada tahun ini, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya melakukan peningkatan kapasitas jalan berupa pengecoran. Namun, Polres Probolinggo mengimbau pengendara untuk tetap waspada, sebab kondisi jalan tidak rata.

Ada beberapa ruas jalan di Kabupaten Probolinggo, yang dirombak dari aspal menjadi rigit beton atau cor. Seperti di sepanjang jalan raya Gending, meliputi Desa Curahsawo, Gending, Randupitu, dan Desa Bulang. Pengecoran jalan raya juga dilakukan di ruas jalan Paiton Desa Sumberrejo, Kecamatan Paiton.

Di 5 ruas jalan tersebut, lebar jalan yang semula sekitar 7 meter kini menjadi 11 meter. Pelebaran ini disertai peninggian badan jalan dengan beton. Akan tetapi, proses peninggian jalan dengan beton tersebut tidak sepenuhnya mulus dan rata. Dimana permukaan beton atau kontur jalan bergelombang meski tidak parah.

AKP Ega Prayudi, Kasat Lantas Polres Probolinggo, membenarkan bahwa permukaan ruas jalan yang terkena pelebaran tidak sepenuhnya rata. Menurutnya, jalan baru tersebut cenderung bergelombang dan licin.

“Dari kondisi itu, kami meminta pengendara untuk tetap waspada. Baik pengendara roda dua maupun roda empat,” jelas Ega.

Setelah dilakukan pelebaran, Ega memprediksi, pengguna jalan cenderung agresif untuk mempercepat kendaraannya. Dengan kecepatan tinggi tanpa memperhitungkan aspek keselamatan, Ega mewaspadai timbulnya kecelakaan. “Pasalnya, cengkeraman karet ban kendaraan pada beton tidak terlalu kuat dibanding jalan aspal,” ungkapnya.

Putra komedian Tukul Arwana tersebut berpesan, agar setiap pengendara mewaspadai beberapa ruas jalan yang sering terjadi laka lantas. Karenanya, pengguna jalan terutama pemudik, untuk tidak memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.(senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *