111 views

KABAR PROBOLINGGO : Tips Bagi Para Pemudik Yang Melintasi Kota Kraksaan, Ini Kata Kapolsek Kraksaan

Probolinggo, MA – Menjalankan tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman menjelang hari raya Idul Fitri merupakan fenomena tersendiri di Indonesia, bahkan banyak masyarakat yang rela berkendara sepeda motor menempuh jarak jauh demi bertemu sanak saudara, antara lain melalui jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa.

Kendati mudik menggunakan sepeda motor tidak dianjurkan, Kementerian Perhubungan memprediksi sekira enam juta kendaraan roda dua akan lalu lalang mengisi jalur utama mudik.

Untuk itu, pemudik sepeda motor harus menyiapkan diri secara baik dan mengerti teknik berkendara secara aman, terutama saat melewati jalur utama Pantura Pulau Jawa yang selama ini dikenal sebagai jalan paling ramai dilalui.

Kapolsek Kraksaan memberikan tips kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran tahun 2019 ke berbagai daerah dan meninggalkan rumah masing-masing.

Kapolsek Kraksaan Kompol Dr. Joko Yuwono SH. M.Hum kepada media Abpedsi.com mengatakan,”Pertama, matikan seluruh aliran listrik di rumah untuk mencegah potensi kebakaran akibat arus pendek listrik. “Jangan lupa mematikan saklar dan melepas kabel dari stop kontak,” kata Joko Yuwono di Pos pam mudik lebaran Kraksaan, (1/6/19).

Langkah kedua, melepas regulator dari tabung gas elpiji dan memastikan tidak ada kebocoran sewaktu regulator dilepas. “Selanjutnya yang ketiga, cek semua pintu dan pastikan semua terkunci,”terang Joko yuwono.

Akan lebih aman lagi, jika warga yang akan mudik melakukan pengamanan ekstra pada ruangan tempat menyimpan barang berharga di rumah. “Jangan lupa kuncinya dibawa dan disimpan dengan baik,” kata Joko Yuwono

Pada saat mudik diharapkan masyarakat tidak menggunakan perhiasan berlebihan atau mencolok, karena dapat mengundang aksi kejahatan. Kemudian cek kendaraan mesin, ban, lampu, kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK, KTP dan lain-lain.

“Cek perlengkapan kendaraan mobil seperti angin, ban dan baut-baut kendaraan, apabila mengantuk di perjalanan hendaknya istirahat terlebih dahulu di pos-pos tempat peristirahatan yang biasanya sudah ada di sepanjang perjalanan,” ucap Joko Yuwono

Pospam itu melibatkan kepolisian, Tiga Pilar, seperti TNI, Polri, Satpol PP, Citra Bhayangkara, Babinsa terkait untuk membantu pengamanan, dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran tahun 2019 di sepanjang jalan pantura mulai dari paiton, kraksaan,Bentar dan Lecces , dan di himbau juga kepada para pemudik R2 dan R4 ketika lelah hendaknya beristirahat sejenak di tempat yang telah di sediakan oleh polres probolinggo, “Pungkas Joko yuwono. (Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *