119 views

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro Gelar Pelatihan

Lampung (MA)– Dalam upaya optimalisasi penguatan karakter, dan terobosan Pendidikan.Dinas Pendidikan Kota Metro. Lampung gelar pelatihan yang di ikuti oleh guru SD dan SMP se- Kota Metro yang dilaksanakan di LEC Kartikatama mulai dari 11-14 juni 2019.
Kritiria atau Persyaratan mengikuti Pelatihan umur 30-45 tahun .untuk guru SD adalah guru kelas 4 dan 5 ,sedangkan untuk tingkat SMP ada lah Waka Kesiswaan.
Pada kesempat tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Ir. Ria Andari, M.Pd , menyampaikan bahwa rating Kota Metro pada pendidikan berada di skala Nasional, namun untuk karakternya butuh penguatan agar optimal.
“Kita diatas rata-rata nasional, tetapi karakter, etika, perilaku, tidak bisa ada yang tahu, apalagi dengan pergeseran media sosial yang kadangkala diluar jangkauan kita, yang digunakan oleh anak-anak kita tanpa kendali kita,” ujarnya.
“Sesungguhnya karakter sudah ada, tapi belum optimal, maka dengan ini saya ingin mengadakan penguatan khususnya di Sekolah,” imbuh Ria.
Ria Andari juga menginginkan agar para Guru dapat melakukan karakter yang optimal setiap saat proses pembelajaran.
“Sekolah, saya khususkan lagi bagi guru, karena karakter bukan kurikulum, bukan mata pelajaran, karakter ialah yang dilakukan oleh pembiasaan, penteladanan, pembudayaan, saya ingin di setiap proses pembelajaran guru melakukan ini,” ungkapnya.
Ia juga menuturkan, tentang perilaku baik pada anak saat di Sekolah, ketika dapat melakukan karakter yang optimal. Sehingga semua harapan baik pada anak-anak dapat tercipta.
“Contoh, jikalau anak sedang ulangan, jujurlah pada diri sendiri, sebelum masuk pada pelajaran untuk berdo’a, pada saat pelajaran agama yakni mengaji dan sesuaikan dengan agamanya masing-masing, melaksanakan upacara lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, makanya kita menerbitkan perwali tentang penguatan pendidikan karakter yang menjadi penekan kepada sekolah untuk melaksanakannya, mudah-mudahan anak kita kedepan bakal mulia, berperilaku baik, religius, nasionalis,” tutur Ria.
Lalu, kegiatan tersebut juga didukung oleh Walikota Metro, agar tidak hanya unggul dibidang akademik, tetapi akhlak perilaku dan etika juga unggul.
“Bapak walikota juga mensupport ini, metro akan menjadi kota pendidikan yang benar-benar selain akademik kita unggul, secara akhlak perilaku dan etika juga kita unggul,” harapnya.
Kemudian diterangkan juga terkait program penguatan karakter tersebut, yang tidak hanya untuk warga Sekolah saja, tetapi juga untuk warga Dinas Pendidikan maupun Masyarakat.
“Ini bukan program hanya untuk sekolah saja atau warga sekolah, tetapi untuk warga dinas pendidikan juga, masyarakat juga, semua kita, jadi jangan kita memperkuat karakter di tingkat satuan pendidikan saja. Karena ini adalah program kita, program yang berkelanjutan, dan akan ada sanksi manakala sekolah yang tidak menerapkan ini, karena ini penting,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Ria Andari. (Del).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *