111 views

Selain Tiga Kali Berturut – Turut Raih WTP, Lutim Juga Raih Sertifikat Level 3 Dari BPKP Sulsel

 

LUWU TIMUR – Inspektorat Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sukses meraih prestasi membanggakan dengan menerima sertifikat level 3 kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Sertifikat level 3 itu diserahkan langsung Arman Sahri Harahap selaku Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, kepada Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler yang didampingi Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam di Rumah Jabatan Bupati, Kamis (13/06/2019).

HM Thorig Husler yang selaku Bupati Luwu Timur, dalam kesempatannya juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) dengan Kepala BPKP Perwakilan Propinsi Sulsel, Arman Sahari Harahap dalam bekerjasama membantu pemerintah daerah untuk mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Dikesempatan yang sama, Arman Sahri Harahap menyampaikan apresiasinya atas kinerja aparat pengawasan Inspektorat Luwu Timur yang telah berhak mendapat apresiasi level 3 tanpa adanya pengecekan lagi.

“Saya bangga sekali di Provinsi Sulawesi Selatan ada tiga Kabupaten yang meraih sertifikat level 3 Kapabilitas APIP yakni Kabupaten Sidrap, Gowa dan Luwu Timur”, jelas Arman.

Itu artinya, Inspektorat kabupaten Luwu Timur sudah bisa dijadikan sebagai tempat rujukan untuk meminta saran dan masukan terkait dengan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan program dan kegiatan, termasuk pengelolaan keuangan yang dilakukan pemerintah daerah, tuturnya.

Selain itu menurut Arman, Luwu Timur juga bisa dijadikan sebagai daerah tempat studi oleh pemerintah daerah lainnya tentang bagaimana contoh model pengawasan dan penerapannya.

Prestasi yang di raih itu, HM Thorig Husler mengatakan apa yang telah dicapai inspektorat Luwu Timur bukanlah upaya yang “simsalabim” atau instan terjadi tapi ini berhasil setelah melalui proses yang dilakukan dengan dukungan pendampingan-pendampingan sehingga daerah ini mendapat sertifikat level 3 Kapabilitas APIP.

“Mewakili pemerintah dan masyarakat mengucapakan kasih Bapak Kepala perwakilan BPKP provinsi Sulawesi dalam rangka peningkatan peningkatan efektifitas kinerja Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terkait dengan prestasi yang kita peroleh ini”, ujar Husler.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama seluruh elemen pemerintah daerah yang selama tiga tahun berturut-turut telah menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP. Meskipun secara keseluruhan sudah berhasil meraih 7 kali WTP sejak dimekarkan tahun 2003 lalu.

“Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur saya sangat bersyukur atas dukungan semua pihak sehingga kita sukses meraih prestasi ini”, ucap Husler.
(Wid)
Sumber : Humas Luwu Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *