149 views

Atasi Sampah Organik Thorig Husler Launching “PAPA MAGGOT”

 

LUWU TIMUR,MA – Dalam rangka pengendalian sampah organik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu Timur luncurkan program inovasi baru yang diberi nama “PAPA MAGGOT membawa Berkah”.

Inovasi ini merupakan program Pengendalian Sampah Organik dengan Menggunakan Metode Black Soldier Fly), yang mana hasil karya dari Muhammad Safaat selaku Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Lutim dan sekaligus sebagai projeck leader program ini.

Program ini diLaunching oleh Bupati Luwu Timur, Ir. H. Muh. Thorig Husler, pada Apel Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Luwu Timur, Jum’at (14/06/2019).

Dilaunchingkannya program ini juga ditandai dengan Penyerahan Wadah Penampung Sampah Organik secara sombolis dari Bupati Luwu Timur kepada Warga Penghasil Sampah Organik, Operator Motor Sampah sebagai Penjemput Sampah Organik, dan Kelompok Budidaya Maggot sebagai Pengelola Maggot.

Adapun pengertian PAPA MAGGOT ini adalah suatu bentuk Pengendalian Sampah (PAPA) dengan Metode Black Soldier Fly (MAGGOT) sedangkan “Memberi Berkah” memiliki arti hasil dari Budidaya Black Soldier Fly (BSF) atau biasa disebut Maggot ini dapat dijadikan Pakan untuk Ternak Unggas dan Ikan yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

Muhammad Safaat mengatakan jika gagasan ini sangat tepat, mengingat sampai saat ini belum ada solusi untuk pengurangan sampah organik.

Syafaat juga berharap dengan MAGGOT ini selain manfaat kebersihan, juga dapat memberikan penghasilan tambahan dampak finansial sekaligus mengurangi persentase timbunan sampah organik yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun sampah yang dihasilkan oleh usaha rumah atau warung makan di Desa Puncak Indah dan Desa Ussu Kecamatan Malili.

Oleh karena itu masyarakat dapat mengenal lebih jauh program ini utamanya kelompok-kelompok budidaya Maggot yang tersebar di seluruh Wilayah Kabupaten Luwu Timur, memanfaatkan Maggot ini untuk mengurangi sampah organik serta memberikan pendapatan tambahan bagi mereka, pungkasnya.
(Wid)
Sumber : Kominfo Pemda Lutim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *