200 views

KABAR PROBOLINGGO : Awal Juli Mendatang, Pemkab Probolinggo Cairkan Rp 36 Miliar Gaji Ke-13 PNS

 

Probolinggo, MA – Saat ini Pemkab Probolinggo sudah menyiapkan pencairan gaji ke 13 bagi para PNS. Anggarannya, sekitar Rp 36 miliar untuk 7.639 PNS. Rencananya, gaji ke 13 itu akan dicairkan akhir Juni, tepatnya 24 Juni.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono kepada media Abpedsi.com Mengatakan,” Sudah kami siapkan pencairan gaji ke 13 bagi para PNS. Rencananya, pencairan gaji ke 13 akan kami lakukan pada Senin tanggal 24 Juni,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo, Santiyono ketika di Temui Media Abpedsi.com di ruang kerjanya, Rabu (19/6/19) siang.

Menurut Santiyono, pencairan gaji ke 13 itu, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 19/2019 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai untuk THR dan gaji ke 13 bagi PNS. Aturan perbup itu mengacu pada peraturan pemerintah (PP) Nomor 36/2019.

”Alokasi anggaran untuk gaji ke 13, hampir sama dengan gaji yang diterima tiap bulannya. Dengan nilai total anggaran berkisar Rp 36 miliar,” tuturnya.

Namun, gaji tambahan yang biasa dicairkan mendekati tahun ajaran baru itu, hanya diberikan pada PNS. Sedangkan, pegawai honorer di lingkup Pemkab Probolinggo tidak mendapat alokasi gaji ini.

Santiyono menjelaskan, pencairan gaji ke 13 itu hanya untuk PNS. Pihaknya tidak mengalokasikan anggaran gaji ke 13 untuk pegawai honorer atau non-PNS.

Alasannya, belum ada payung hukum bagi Pemkab Probolinggo untuk mengalokasikan gaji ke 13 bagi pegawai honorer. ”Pegawai non-PNS, tidak dapat gaji ke 13. Karena, tidak ada aturan yang mengatur tentang pemberian gaji ke 13 pada pegawai non-PNS,” terangnya.

Meski demikian, dikatakan Santiyono, Pemkab tetap memperhatikan kesejahteraan para pegawai non-PNS. Terbukti, sejak awal tahun ini, Pemkab menaikkan gaji pegawai honorer.

”Kami memang tidak memberikan gaji ke 13 untuk pegawai honorer. Tapi, gaji mereka sudah kami naikkan, sesuai kebijakan dan aturan yang ada,” pungkasnya.(Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *