124 views

KABAR LUMAJANG : Tingkatkan IPM Melalui Program KB

Lumajang, MA – Program KB yang disertai dengan konsep pembangunan keluarga akan menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik dan dapat berimplikasi terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lumajang.

Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat mencanangkan Safari Baksos TNI – KB – Kesehatan dalam rangka revitalisasi program KB Nasional TA. 2019 di wilayah Kab. Lumajang bertempat di Aula Panti PKK, Kamis (27/06/2019).

“Saya berharap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertangani dengan cepat, komperehensif yang artinya permasalahan tersebut terurai dan terselesaikan satu persatu,” harapnya.

Bupati berpesan agar keberhasilan program KB tidak hanya sekedar “dua anak cukup”, namun lebih dari itu yakni sosialisasi dan komunikasi mengenai langkah-langkah untuk menjamin agar bayi dan ibu hamil yang sehat. Cak Thoriq menekankan bahwa program KB menjadi salah satu solusi terhadap kelahiran jarak yang dekat dan keluarga bisa menata ekonomi secara terukur.

Di samping itu, ia menjelaskan bahwa Lumajang mempunya potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat mencukupi sehingga masyarakat Lumajang mendapatkan akses pekerjaan yang mudah. Namun, dibalik mudahnya akses mendapatkan pekerjaan, masyarakat menjadi enggan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, hingga muncul pernikahan dini dan permasalahan lain.

Demi mencegah hal tersebut terjadi, Pemerintah Kabupaten Lumajang merencanakan dan melakukan langkah-langkah konkrit agar masyarakat kembali melanjutkan pendidikan dengan menyelenggarakan pendidikan yang mudah dan murah melalui program SPP gratis dan pemberian seragam gratis.

Cak Thoriq juga mengapresiasi peran Kodim 0821/Lumajang yang turut serta dalam peningkatan kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. “Saya juga mengapresiasi TNI-AD khususnya Kodim 0821 menyelesaikan problem dasar itu supaya akses kesehatan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang baik,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang Letkol Inf. Ahmad Fauzi mengatakan bahwa dalam program KB kali ini, Kodim 0821 Lumajang ikut serta melaksanakan program TNI Manunggal KB Kesehatan melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, dan pembinaan ketahanan keluarga yang diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Ia berpesan kepada petugas program TNI KB agar melaksanakan kegiatan ini secara profesional dan memanfaatkan sarana secara optimal, berkoordinasi antar instansi, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pihak yang terkait serta mengembangkan daya kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan motivasi masyarakat berpartisipasi dalam program KB. Dandim juga meminta jajarannya agar tetap menciptakan situasi aman dan nyaman.

“Saya berharap forum kerjasama ini akan memperoleh kesamaan Visi Misi dan persepsi guna mewujudkan mekanisme dan kesinambungan dalam mengintegrasikan program KB,” harapnya.

Ketua Panitia, Pasiter Kodim 0821 Lumajang, Kapt. Inf. Ahmad Eli Supriyadi melaporkan tujuan kegiatan ini adalah membantu pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan dalam rangka mengendalikan laju penduduk serta untuk meningkatkan sumber daya manusia guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah untuk mencapai sasaran percepatan revitalisasi program KB Nasional secara optimal. Program ini dilaksanakan selama 5 bulan mulai bulan Juni-Oktober 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang menyerahkan alat kontrasepsi sejumlah 1500 berupa implan kepada petugas program TNI-KB-Kesehatan. (Djaka)

Jurnalis : Djaka Pratama
Editor : Senopati
Publisher : Redaksi
Copyright @ 2019 Abpedsi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *