103 views

Kasrem 142/Tatah Resmi Menutup Latihan Posko I Kodim/1414 Tator

TORAJA UTARA, MA – Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Eventius Teddy Danarto diwakili Kasrem 142/Tatag Letkol Arh. Muh. Imran, M.Si menutup latihan Posko I Kodim 1414/Tator bertempat di lapangan apel Kodim 1414/Tator, kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Jumat (28/06/19).

Dalam amanat Danrem 142/ Tatag, yang dibacakan oleh Kasrem bahwa agar materi latihan yang telah diberikan dapat diserap dengan baik untuk ditindak lanjuti dan diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas di Kodim 1414/Tator dimasa yang akan datang guna tercapainya tugas pokok secara optimal.

“Kelemahan atau kekurangan yang telah dievaluasi pada kaji ulang hendaknya direspon sebagai suatu koreksi dalam upaya penyempurnaan mekanisme kerja dalam rangka terwujudnya profesionalisme yang diharapkan”

Lanjutnya bahwa untuk mencapai keberhasilan tugas pokok secara optimal, konsekuensi yang harus ditempuh oleh Kodim 1414/Tator adalah mampu mencermati perkembangan situasi dan kondisi yang berkaitan dengan memahami kondisi wilayah melalui peningkatan profesionalisme keprajuritan terutama bagi Komandan dan Staf.

Diketahui jika dihari ketiga ini adalah puncak latihan Posko I Kodim 1414/Tator sebelum dilaksanakan penutupan.

Dandim 1414/Tator Letkol Czi Hiras M.S.Turnip, M.Si (Han) kali ini selaku Incident Commander mengeluarkan perintah operasi kepada seluruh jajaran yang terkait, mengingat situasi wilayah perlu penanganan dengan cepat akibat hujan yang intensitasnya semakin tinggi dan menimbulkan bencana alam yang berakibat terjadinya tanah longsor didua wilayah Toraja Utara.

“Seluruh instansi yang terkait, sesuai dengan fungsinya masing masing segera kelokasi tanah longsor untuk membantu warga yang terjabak longsor,” ucap Dandim 1414/Tator sebagai Incident Commander.

Kemudian para pelaku latihan maupun penyelenggara menerima evaluasi dari Tim Wasev Kolonel Inf. Yanto Kusno Hendarto Pa Ahli Kodam XIV/Hasanuddin, dan mengapresiasi latihan Posko I yang dilaksanakan oleh Kodim 1414/Tator.

“Apa yang telah diterima selama tiga hari latihan ini yang merupakan simulasi sesuai dengan kondisi wilayah harus benar benar dipahami,” tutur Kolonel Inf. Yanto

Lanjutnya bahwa Koordinasi antar Staf sudah berjalan, kemudian pelibatan instansi lain dalam latihan cukup baik pula, dan ini perlu dipertahankan karena keberadaan kita diwilayah ada rekan lain yg harus selalu berkoordinasi.

“Apa yang kalian lakukan selama tiga hari saya anggap cukup baik dan saya ucapkan terima kasih atas pelaksanaannya,” terang Kolonel Inf. Yanto.

Dikesempatan yang sama, Kasi Ops Korem 142/Tatag Mayor Inf. Muh. Amin, pun mengatakan jika kegiatan kali ini secara umum cukup baik, namun ada beberapa yang perlu diperhatikan terutama pemeliharaan data, karena kesibukan menjawab persoalan yang dikeluarkan oleh penyelenggara sehingga lupa melengkapi administrasi yang diperlukan.

“Pemaparan Kir yang dilakukan para Perwira Staf masih perlu ditingkatkan karena pemaparan Kir adalah merupakan dialog langsung antara Staf dan Komandan,” Kasi Ops.
(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *