121 views

KABAR PROBOLINGGO : Ratusan CJH Asal Puger Latihan Manasik Haji di Miniatur Ka’bah

Probolinggo, MA –Sedikitnya 102 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kecamatan Puger Kabupaten Jember melakukan latihan manasik haji di obyek wisata religius Miniatur Ka’bah di Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Minggu (30/6/2019) siang.

Rombongan yang datang menggunakan 2 bus tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Puger H. Abdul Mujib. Ratusan CJH tersebut melakukan latihan manasik haji saat ba’da Dhuhur. Menariknya, dalam kegiatan ini juga hadir rombongan pedagang oleh-oleh haji dari Kecamatan Mojosari Kabupaten Jombang.

Kepala KUA Kecamatan Puger H. Abdul Mujib mengungkapkan bahwa pihaknya sudah 2 (dua) kali melaksanakan latihan manasik haji di Miniatur Ka’bah tersebut. Yakni, tahun 2018 sebanyak 79 orang dengan menggunakan 1 bus dan tahun 2019 sebanyak 102 orang dengan menggunakan 2 bus.

“Setelah melaksanakan latihan manasik haji disini tahun 2018 lalu, akhirnya pada tahun ini pesertanya semakin banyak. Alhamdulillah untuk bisa menggunakan Miniatur Ka’bah ini kami tidak harus ijin secara tertulis tetapi cukup via telpon saja. Kami betul-betul diberikan kemudahan secara administrasi,” katanya.

Abdul Mujib mengaku jika seluruh CJH asal Kecamatan Puger ini kesannya sangat memuaskan, baik dari segi pelayanan maupun fasilitas yang tersedia. Selain itu, waktunya juga tidak dibatasi sehingga bisa melaksanakan latihan manasik haji sepuas-puasnya.

“Insya Allah, ke depan kami akan melakukan hal yang sama. Mudah-mudahan dengan kita merintis melakukan latihan manasik haji disini, nantinya bisa diikuti oleh KUA lain yang ada di Kabupaten Jember. Minimal Miniatur Ka’bah ini tidak sepi dari kegiatan manasik haji. Sama dengan keinginan dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang membangun Miniatur Ka’bah ini untuk kemaslahatan ummat, terutama mereka jamaah haji,” jelasnya.

Selain di Kabupaten Probolinggo terang Abdul Mujib, di wilayah Provinsi Jawa Timur saat ini juga ada Miniatur Ka’bah di Kabupaten Pasuruan dan Mojokerto. Namun fasilitas dan sarana prasarananya masih belum lengkap.

“Miniatur Ka’bah yang ada di Pasuruan dan Mojokerto tidak selengkap dan sebesar ini. Kami tertarik datang kesini karena memang hampir mirip dengan yang ada di Mekah. Oleh karena itu ke depan kami akan berupaya untuk melakukan latihan manasik haji disini,” tegasnya.

Abdul Mujib menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan suaminya anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si yang sudah membuat Miniatur Ka’bah dan memberikan kesempatan bagi kami untuk melakukan manasik haji disini.

“Miniatur Ka’bah ini merupakan inovasi dari beliau Bapak Hasan Aminuddin demi kemakmuran jamaah haji, baik dari Kabupaten Probolinggo maupun luar Kabupaten Probolinggo. Buktinya kami ikut menikmati hasil kreasi dan inovasi dari beliaunya. Terima kasih telah membangun Miniatur Ka’bah sedemikian rupa sehingga kami yang dari luar ikut menikmatinya. Ke depan mungkin fasilitasnya agar semakin dilengkapi lagi sehingga bisa lebih memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (Senopati)

Jurnalis : Mahfudz
Editor : Senopati
Publisher : Redaksi
Copyright @ 2019 Abpedsi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *