131 views

KABAR PROBOLINGGO : Hari Kedua, Pembangunan SELL Sanitary Landfill 3 Dibahas

 

Probolinggo Kota, MA – Hari kedua kunjungan Nills Berner Lundgren dan Jessica Magnusson dari Kota Helsingborg Swedia ke Kota Probolinggo, membahas perencanaan pembangunan landfill baru, mulai dari perencanaan konstruksi, manajemen hingga pelaksanaannya.

Pada kesempatan itu, dua delegasi Helsingborg itu diterima di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Selasa (2/7) pagi. Kepala Dinas PUPR Amin Fredy menyambut hangat kedatangan mereka yang didampingi oleh Kepala Bidang P2S Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Sunjoto dan perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang).

Amin didampingi Staf Tenaga Teknisnya, Rachmat menuturkan, detail enginering desain sell sanitary landfill 3 yang akan dibangun bulan Agustus mendatang, sistem pembangunan landfill itu sendiri nantinya ada semacam dinding penahan sampah di beberapa sisinya.

“Kami menyebutnya dengan istilah bronjong. Bronjong ini diletakkan di sanitary lama (sell 2, red) dan akan ada penambahan bronjong di pembangunan yang baru, dan pekerjaan galian tanah sedalam satu setengah meter,” ujarnya.

Kemudian Rachmat menunjukkan lay out dan denah lokasi pembangunan landfill 3 itu akan didirikan. Lokasinya berada tak jauh dari sell 1 dan 2 yang sudah ada lebih dulu. Pada pembangunan landfill 3 ini ada beberapa tahapan yang akan dilakukan. Diantaranya akan ada pekerjaan sirtu (pasir dan batu), pasir padat dan geomembran yang berfungsi sebagai filter untuk menangkap air lindi sehingga tak sampai terjadi adanya pencemaran lingkungaan.

“ Baru kemudian dikerjakan tahap perpipaan yang berfungsi sebagai penahan air lindi yang nantinya diproses menjadi gas metan (pemurnian gas),” jelasnya.

Tampak sesekali Jessica dan Berner mengajukan pertanyaan- pertanyaan kecil disela-sela pemaparan yang dilakukan Rachmat, terkait teknis dan sharing pengalaman dua profesional itu selama mereka melakukan pembangunan TPA di seluruh dunia. (Senopati)

Jurnalis : Mahfudz
Editor : Senopati
Publisher : Redaksi
Copyright @ 2019 Abpedsi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *