120 views

KABAR PROBOLINGGO : Pemkab Probolinggo Gelar Rakor Pemberangkatan Calon Jamaah Haji

 

Probolinggo, MA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2019 di ruang pertemuan Jabung I Kantor Bupati Probolinggo, Senin (1/7/2019).

Rencananya, para CJH Kabupaten Probolinggo akan dilepas oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suaminya anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dan Forkopimda dari obyek wisata religius Miniatur Ka’bah di Desa Curahsawo Kecamatan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya Gending pada 10 Juli 2019 pukul 07.00 WIB.

Rakor yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Supriadi didampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso ini diikuti oleh jajaran TNI/Polri, Kemenag serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Supriadi mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo akan memfasilitasi pemberangkatan CJH sekaligus tasyakuran atau selamatan keberangkatan CJH Kabupaten Probolinggo tahun 2019. “Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan serta meningkatkan layanan dan sekaligus kemudahan bagi para CJH Kabupaten Probolinggo tahun 2019,” katanya.

Menurut Supriadi, pemberian fasilitasi dalam penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah ini bertujuan untuk meringankan beban biaya tambahan bagi para CJH, khususnya yang berkaitan dengan biaya pemberangkatan CJH dan pemulangan jamaah haji. “Pelayanan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Tahun ini, jumlah CJH Kabupaten Probolinggo sebanyak 910 orang yang tergabung ke dalam 3 (tiga) kelompok terbang (kloter). Yakni, Kloter 13 sebanyak 450 orang CJH semuanya dari Kabupaten Probolinggo, Kloter 14 sebanyak 450 orang CJH gabungan dengan Kota Surabaya serta Kloter 82 sebanyak 15 orang CJH gabungan dengan Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Probolinggo pengecualian untuk Kloter 82. Khusus untuk Kloter 82 akan diberangkatkan tanggal 4 Agustus 2019 dari Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo.

Sebelum berkumpul di obyek wisata Miniatur Ka’bah Desa Curahsawo Kecamatan Gending, ratusan CJH ini akan diberangkatkan dari 6 (titik) pemberangkatan. Yakni, Masjid Besar Ar-Rauyyan Kecamatan Tongas, Masjid Besar Ar Rohmah PTKL Leces, Masjid Besar Al Hikmah Kecamatan Gending, Masjid Besar Baitur Rahman Kecamatan Maron, Masjid Agung Ar-Raudlah Kecamatan Kraksaan dan Masjid An-Nur Perum PLN PJB Paiton.

Ratusan CJH Kabupaten Probolinggo tersebut akan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya dengan menggunakan 20 unit bus pariwisata dan 2 unit truck tronton untuk mengangkut barang bawaan CJH. Mereka akan dikawal oleh 2 unit Patwal PJR Polda Jatim dan 1 unit Patwal DLLAJD dan mobil panitia daerah (PDIH) Kabupaten Probolinggo.(Senopati)

Jurnalis : Mahfudz
Editor : Senopati
Publisher : Redaksi
Copyright @ 2019 Abpedsi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *