178 views

Satu Lembang Di Toraja Utara Terancam Tidak Bisa Cairkan Dana Desa

 

TORAJA UTARA, MA – Sebelumnya telah diberitakan akan salah satu Kepala Lembang (desa) yang di temukan oleh pemeriksa akan penggunaan anggarannya di tahun 2017 dengan tidak ada bukti laporan pertanggung jawabannya senilai lebih dari Rp. 900 juta.

Namun di tahun 2018 masih bisa diberikan kelonggaran atau kebijakan untuk bisa mencairkan dana desa tahun anggaran 2018 dan hal inipun sebenarnya sudah tidak sesuai mekanisme serta syarat untuk pencairan dana desa.

Usut punya usut hingga sekarang dibulan Juli pun anggaran dana desa di Lembang tersebut (Lembang Bori’ Ranteletok) belum bisa dicairkan akibat dari APBL untuk tahun 2019 belum dimasukkan serta laporan penggunaan anggaran di tahun sebelumnya belum juga dimasukkan yang artinya sudah 2 tahun jika tahun 2018 juga belum ada laporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran dimasukkan ke daerah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia
Nomor 193/PMK.07/2018 Tentang Pengelolaan Dana Desa, pada pasal 20 ayat 2 yang menjelaskan bahwa penyaluran dana desa dilakukan secara bertahap.

Dan di perjelas pada ayat 2 (a) yang berbunyi “tahap I paling cepat bulan Januari dan paling lambat Minggu ketiga bulan Juni sebesar 20%” sedangkan hingga sekarang bulan Juli belum ada sama sekali dokumen APBL 2019 beserta laporan pertanggung jawaban tahun sebelumnya (2017) yang di serahkan oleh kepala Lembang (desa) Bori’ Ranteletok.

Saat dikonfirmasi via whatsapp ke kepala Lembang (30/6) bahkan ke kadis DPML namun pesan hanya dibaca tapi tidak ada tanggapan ataupun jawaban terkait hal tersebut, Rabu (3/7/2019).

Cara dan tidak seriusnya kepala Lembang seperti ini bisa berakibat fatal terhadap tidak bisanya melakkukan pencairan dana desa di Lembang Bori’ Ranteletok untuk tahun 2019 hingga berakibat kerugian besar kepada masyarakat Lembang (desa) yang mengharapkan pembangunan infrastruktur maupun pengembangan usaha perekenomian masyarakat Lembang (desa).

(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *