116 views

KABAR JAWA TENGAH –Memilih Pemimpin Berkualitas Dibutuhkan Pemilih Cerdas

 

UNGARAN, (MA) – Lembaga Swadaya Masyarakat Garda Negeri Jateng bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Penguatan Pendidikan Politik Masyarakat bertajuk “Pemilih Cerdas Demokrasi Kuat”. Acara ini dihadiri para ormas dan komponen lainnya dan diadakan di Hotel C Three jalan Sudirman No. 223 Ungaran, Selasa (16/7/19).

Kegiatan ini di buka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah, Acmad Rofai.

Dia mengatakan, bahwa Pemilu Pilpres dan Pileg tahun ini telah kita laksanakan. Untuk menjadikan pemilu berkuaitas memang diperlukan pemilih cerdas. Sehingga kita harapkan dengan pemilih cerdas akan menghasilkan demokrasi kuat. Ini tentu diperlukan peran ormas dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Kita juga saksikan bersama kemarin di media, calon Presiden RI, Prabowo Subianto telah bertemu dengan Jokowi sehingga diharapkan bisa meredam gejolak antar pendukung 01 dan 02.

Hal ini juga kami harapkan para ormas di Jateng kini urusuan dukung mendukung paslon sudah selesai sehingga kini kita bersama-sama untuk menjaga kondusifitas wilayah masing-masing.

“Lebih baik kita kawal program calon presiden dan calon legislatif yang telah dijanjikan kepada masyarakat,” katanya.

“Kalau perlu di kritisi kalau memang itu tidak sesuai dengan janji-janji yang disampaikan masyarakat,” tandasnya.

Kini bagaimana kita bisa membangkitkan semangat masyarakat dan pemerintah untuk bekerja keras agar impian untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur cepat terwujud.
Untuk itu diperlukan dukungan rekan-rekan ormas ini untuk bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah.

Tahun 2020 sendiri kita juga akan menemui lagi Pilkada. Di Jateng sendiri ada 21 kab/kota secara serentak menyelenggarakan pilkada untuk memilih Bupati dan Walikota. Sehingga hal ini sesuatu yang rutin dan tak perlu disikapi berlebihan.

Sementara itu dalam pemilu pilpres dan pileg kemarin Jateng sendiri mendapat rangking ke 3 (tiga) dalam partisipasi pemilih menggunakan haknya. Yakni dari Daftar Pemilih Tetap kurang lebih 27 juta lebih yang menggunakan hak pilihnya berkisar 80,21 %. Ini memang belum sempurna tapi ini yang terbaik.

Nara sumber acara ini yakni Haris Pranowo (Kepala Badan Kesbangpol Kab Semarang), Misbakhul Munir (Dosen), Toni Triyanto (praktisi hukum) dan di moderatori Muchron. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *