176 views

Melalui 3 Pilar Jaga Dana Desa, Kolaborasi Aktif Dapat Mencegah Penyelewengan Dana Desa

 

TANA TORAJA , MA – Sosialisasi Tiga Pilar Jaga Desa tentang Pencegahan, Pengawasan, dan Penanganan Permasalahan Dana Desa bertempat digelar di Kantor Kecamatan Rantetayo Kabupaten Tana Toraja, Senin (15/7/19).

Kegiatan yang bekerja sama dengan Polres Tator, Kejaksaan Negeri, Kodim 1414 Tator dan Inspektorat Kab. Tana Toraja tersebut diikuti Camat Rantetayo, seluruh Kepala Lembang Se-Kec. Rantetayo, Babinkamtibmas dan Babinsa.

Dalam sambutannya Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait, SH., S.IK saat menjadi Narasumber dalam kegiatan ini, meminta kepada para Kapolsek, Danramil, Babinkamtibmas serta Babinsa agar bersama-sama mengawasi dan meminimalisir penyelewengan dana desa.

“Melalui peran Bhabinkamtibmas, peran Babinsa, peran pemerintah, kolaborasi yang aktif dari semua pihak dalam mengawal, sehingga dapat mencegah terjadinya permasalahan dana desa serta untuk memastikan segalanya agar dapat berjalan dengan semestinya”, tutur Julianto.

Anggaran yang diberikan kepada kita itu wajib dan harus dipertanggungjawabkan, oleh karena itu kita semua jangan bermain-main dengan dana desa, dimana Kepolisian, Kejaksaan , Kodim 1414, Pemerintah kita disini adalah teman kerja Kepala Lembang, lanjutnya.

“Dana desa adalah dana yg disalurkan ke desa-desa melalui kepala desa sebagai penanggungjawab pengguna anggaran. Uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan masyarakat seperti MCK contohnya, namun jangan sampai tidak tepat sasarannya, hal seperti inilah yang harus dicegah,” ungkap Julianto.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres pun mengajak kepada seluruh Kepala Lembang agar menggunakan dana desa tersebut sesuai dengan peruntukannya, sehingga menjadikan pembangunan desa serta sumber daya manusianya dapat meningkat.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae, Wakil Bupati Tator Victor Datuan Batara, Kapolres Tator AKBP Julianto P. Sirait, SH., S.IK, Dandim 1414 Tator Letkol Czi Hiras M.S Turnip, M.Si, Kajari Makale Jefry P. Makapedua, Kepala Inspektorat Kab. Tator, Danramil Saluputti.

(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *