113 views

Menari dan Ramaikan Festival Marandang,TP PKK Sumut Jadi Pusat Perhatian

PADANG – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) turut berpartisipasi dalam Lomba Memasak Rendang atau Festival Marandang Tahun 2019, Jumat (26/7), di Halaman Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro Nomor 10, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Lomba Memasak Rendang antar TP PKK se Indonesia ini merupakan rangkaian dari Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat nasional ke 47 tahun 2019. Ada yang unik pada Festival Marandang tersebut, TP PKK Sumut menjadi pusat perhatian lantaran secara spontan tampil berani dan percaya diri menghibur para peserta dan pengunjung lewat tarian.

Sembari menunggu dan menghibur para anggota yang sedang memasak rendang, beberapa anggota TP PKK Sumut maju ke tengah lapangan dan menari mengikuti lagu-lagu dari berbagai daerah yang sedang diputar. Satu per satu, peserta dan pengunjung merapat mendekati rombongan TP PKK Sumut. Bahkan, beberapa ada yang ikut bergabung menari. Beberapa lagu Sumut pun diperdendangkan, dua diantaranya lagu berjudul Gadis Melayu dan Sitogol.

Rustam Rusdi, MC yang sedang mengisi acara pun ikut menari bersama. “Ayo, beri tepuk tangan untuk Sumatera Utara,” ujarnya sambil berteriak. Dilanjutkan dengan memasuki stan Sumut dan menyapa Ketua TP PKK Sumut Ny Nawal Edy Rahmayadi yang sedang memasak rendang. Hal ini mengundang kerumunan banyak berkumpul di depan stan Sumut.

Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah beserta Ketua TP PKK Kota Padang Harneli Mahyeldi, juga mampir ke stan Sumut. “Horas,” katanya. Saling sapa dan foto bersama, Mehyeldi mengaku bahwa ia dan istri juga telah disematkan marga dari Sumut. Dirinya diberi marga Ginting sedangkan istri diberi marga Sitepu.

Sebelumnya, saat membuka Festival Marandang, Mahyeldi Ansyarullah menjelaskan bahwa acara ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, dimana tahun ini dirangkai dengan Peringatan HKG. Selain para TP PKK, lomba juga dilaksanakan antar SMP di Padang dan antar kelurahan di Padang.

“Ini merupakan salah satu cara kita untuk melestarikan rendang sebagai warisan kuliner tradisional Minangkabau. Jangankan antar provinsi, antar daerah di Padang saja, cita rasa rendang itu bisa berbeda-beda. Hari ini, kita tampilkan ragam dan variasi tersebut di sini,” ucapnya.

Festival Marandang berlangsung sejak siang hingga menjelang malam. Jawa Tengah diumumkan sebagai pemenang pertama, disusul Bengkulu pemenang kedua, dan Sumut menempati posisi ketiga. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Ketua TP PKK Sumbar Nevi Zuairina Irwan Prayitno, Wakil Ketua TP PKK Sumbar Wartawati Nasrul Abit, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Arfian, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian, unsur forkopimda dan OPD Padang dan Sumbar, tokoh adat dan masyarakat Minangkabau, seluruh Ketua dan perwakilan TP PKK dari seluruh Indonesia.**

Belasan anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara menari secara spontan untuk memeriahkan Lomba Memasak Rendang pada gelaran puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Nasional ke-47 Tahun 2019 di halaman Museum Adityawarman Jl.Diponegoro No.10 Kota Padang, Sumatera Barat. Jumat (26/7). Tari kreasi yang diiringi lagu Gadis Melayu tersebut sontak saja menarik perhatian para peserta dan pengunjung.

(Sahat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *