98 views

KABAR PROBOLINGGO : Dispendik Probolinggo Sambut Tim Visitasi Lomba Gudep Unggul Pramuka Jatim

 

Probolinggo, MA – Tiga gugus depan (gudep) pangkalan sekolah di Kabupaten Probolinggo didatangi oleh Tim Visitasi Lomba Gudep Unggul Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur, Rabu (31/7/2019) sore. Ketiga gudep pangkalan sekolah tersebut diantaranya SD Islam Terpadu (IT) Permata Kraksaan, SMP Negeri 2 Kraksaan dan SMA Negeri 1 Gending.

Kedatangan Tim Visitasi Lomba Gudep Unggul ini disambut oleh pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo serta pihak sekolah.

Di Gudep Pangkalan SMP Negeri 2 Kraksaan, Tim Visitasi Lomba Gudep Unggul Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur Kak Budi Utomo (Ganet) dan Kak Ghozali ini disambut oleh Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Kak Dewi Korina didampingi Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Didik S Wahjudi, Kepala SMPN 2 Kraksaan Kak Miswagiyanto beserta segenap dewan guru dan komite sekolah.

Aspek penilaian Lomba Gudep Unggul Jawa Timur tahun 2019 ini meliputi SDM Pembina dan Mabi, managemen administrasi dan kehumasan, dana sarana dan prasarana, kegiatan, proses, prestasi dan kemitraan.

Perwakilan Tim Visitasi Lomba Gudep Unggul Gerakan Pramuka Kwarda Jatim Kak Ghozali mengatakan kedatangannya bertujuan untuk melihat secara langsung Gudep 15.011 dan 15.012 Pangkalan SMPN 2 Kraksaan untuk tingkat SMP/MTs. Dimana sebelumnya sudah menyerahkan data awal lewat portofolio.

“Kami datang kesini untuk melihat lebih dekat apa yang ada di Gudep Pangkalan SMPN 2 Kraksaan. Siapa tahu ada yang belum muncul di portofolio. Semoga hal ini bisa menjadi modal untuk tampil sebagai yang terbaik,” katanya.

Sementara Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Dewi Korina menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Gugus Depan Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur kepada gudep di Kabupaten Probolinggo, khususnya gudep 15.011 dan 15.012 Pangkalan SMPN 2 Kraksaan.

“Ini prestasi yang luar biasa bagi Kwarcab yang diberikan kepercayaan untuk visitasi untuk tiga gudep sekaligus. Karena sesuai yang disampaikan oleh tim visitasi untuk masing-masing jenjang ada 8 gudep se-Jawa Timur. Jadi setidak-tidaknya kita sudah masuk delapan besar,” katanya.

Kak Dewi menerangkan bahwa Lomba Gugus Depan Unggul ini sebagai barometer atas komitmen Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang dipimpin oleh Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko dalam melakukan pendidikan kepramukaan.

“Terlebih pendidikan kepramukaan ini adalah ekstrakurikuler wajib. Visinya adalah kembali ke gugus depan, gerakan Pramuka ini basicnya adalah Gugus Depan Pangkalan dalam hal ini sekolah, sehingga sekolah harus betul-betul serius di dalam melaksanakan ekstrakurikuler Pramuka wajib,” jelasnya.

Dengan dikunjunginya Kabupaten Probolinggo untuk tiga gugus depan ini Kak Dewi mengharapkan agar nantinya dapat memotivasi gugus depan-gugus depan yang lain untuk secara serius menangani gerakan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib. Karena pramuka ini salah satu kegiatan yang membentuk watak karakter generasi anak didik masa depan menjadi pribadi yang mandiri, sederhana, jujur dan lain sebagainya.

“Itu adalah watak-watak mulia untuk anak-anak menghadapi masa depan yang jauh lebih besar tantangannya. Semoga nantinya gudep-gudep ini bisa menjadi terbaik di Jawa Timur,” harapnya.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Didik S Wahjudi mengungkapkan pada prinsipnya untuk visitasi gudep unggul Jawa Timur itu sudah melalui rposes. Jadi yang pertama adalah proses penyerahan portofolio.

“Portofolio itu adalah berkas-berkas yang berisi tentang segala aspek kegiatan, baik itu kepengurusan, surat keputusan kepengurusan dan juga menyangkut hal kegiatan yang sudah dicapai oleh gudep, utamanya yang mengikuti untuk lomba gudep unggul,” ungkapnya.

Menurut Kak Didik, pertama diadakan seleksi di tingkat cabang kemudian disharing dari sekitar 20 gudep yang mengajukan ternyata setelah dipilah dari portofolio tersebut ada 11 gudep. Setelah diteliti lagi ada 9 gudep yang diuji lapangan.

“Dari tim uji lapangan kita melihat gudep unggul dan kita ajukan kepada Lomba Gudep Unggul Jawa Timur. Untuk tingkat SD/MI ada SD IT Permata Kraksaan, tingkat SLTP ada SMPN 2 Kraksaan dan tingkat SLTA ada SMAN 1 Gending. Alhamdulillah, ketiga-tiganya lolos dan didatangi oleh tim visitasi. Mudah-mudahan ketiga gudep ini mampu menjadi yang terbaik di Jawa Timur,” pungkasnya.

Terpisah Kepala SMPN 2 Kraksaan Kak Miswagiyanto menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kwarda Jawa Timur. Selama ini kegiatan pramuka di lembaganya sudah berjalan dengan baik. “Melalui kegiatan ini diharapkan mampu membentuk akhlak terpuji di kalangan anak-anak didik yang ada di SMPN 2 Kraksaan,” harapnya. (Hari Irama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *