171 views

KABAR PROBOLINGGO : Desa Gading Probolinggo Budidayakan Ternak Kelinci

Probolinggo, MA – Mempunyai bisnis yang sangat menguntungkan menjadi keinginan semua orang. Apalagi bisnis sampingan itu dapat meraup untung yang sangat besar.

Namun demikian bagaimana cara memanfaatkan bisnis itu menjadi besar dan berkembang. Tentunya, resiko kerugian harus di minimalisir agar keuntungan lebih banyak.

Warga di Desa Gading Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo mulai membuka peluang bisnis sampingan. Yaitu budidaya ternak kelinci daging, kelinci hias dan Kelinci balap. Warga desa gading mayoritas buruh tani ini mulai meminati ternak kelinci sejak setengah tahun lalu.

Kepala Desa Gading SupriYono kepada media Abpedsi.com mengatakan,”kami disini mulai membuka peluang usaha ternak kelinci daging. Sudah beberpa peternak kelinci dan total 600 ekor kelinci di desa kami,” tutur Kepala Desa Gading saat di temui di kediamannya, Minggu (4/8/19).

Dengan modal yang tidak begitu besar dijamin bisnis sampingan ternak kelinci mampu meraup keuntungan yang sangat besar,”ungkap kades gading

Supriyono menjelaskan, ternak kelinci daging ini untuk mencari makanan sangatlah mudah. Sayur-sayuran di pasar, rumput di sawah dan juga ampas tahu. Cara memberikan makanan ke kelinci ia lakukan sehari dua kali.

Dalam perawatan ternak kelinci ini diperlukan tempat yang strategis. Terhindar dari Paparan angin secara langsung. Ternak kelinci warga menggunakan kandang berpetak-petak. Hal itu untuk menjaga keamanan dan terhindar dari penyakit. Induknya pun dipisah.

“Ya kalau perawatan ternak kelinci kandangnya harus terpisah. Supaya kelinci ini mudah perawatannya,” bebernya Kades Gading.

Para peternak kelinci daging, kelinci balap, kelinci hias di Desa Gading ini Peluang bisnis sudah berjalan satu tahun setengah, ia optimis akan berkembang sangat besar. Supriyono mempunyai keinginan di Desa gading menjadi desa unggulan kampung kelinci yang ada di wilayah Kabupaten probolinggo.

“Kami yakin ternak kelinci ini bisa berkembang sangat pesat dan besar. Bila ini terwujud maka tentunya kami akan menambah ternak kelinci hias dan beberapa kelinci jenis lainnya juga,” pungkasnya Kades Gading.Bersambung (Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *