128 views

Sejarah Qurban Untuk Saling Berbagi

OKU Sum Sel  -Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar umat Islam. Idul Adha juga sering disebut sebagai Hari Raya Kurban, sebab di hari inilah umat muslim yang memiliki kecukupan finansial dianjurkan untuk berkurban. Kurban saat Hari Raya Idul Adha memiliki sejarah yang cukup panjang.

Adapun pada tahun ini masyarakat yg baru bisa barekorban  Alm.Mardan bin liko. Masija Binti Matarip.dan Alm. Aldigunawan Bin  M isroi.semoga saja di tahun tahun yg akan datsng semakin banyak masyarat desa yg mengerti.arti berkorban ini.

Meskipun Nabi Ibrahim sebagai seorang ayah tentu sangat menyayangi Nabi Ismail anaknya, Nabi Ibrahim berserah diri dan mengikuti perintah Allah SWT. Perintah Tuhan kepada Nabi Ibrahim AS untuk untuk menyembelih putranya sendiri. Artinya apa? Nabi Ibrahim seorang yang beriman yang tanpa ragu-ragu sedikit pun, percaya betul, yakin betul, perintah Allah itu benar dan pasti akan kembali kepada kita, hamba-Nya kalau kita menjalankan perinta

Dengan kemurahan hati Allah SWT, penyembelihan terhadap Nabi Ismail dibatalkan. Kemudian digantikan dengan kambing. Sejak saat itulah umat muslim dianjurkan untuk berkurban. Dari situlah disyariatkan kita berkurban. Ibadah kurban juga merupakan salah satu bagian kecil dari ibadah sosial kita.

Islam merupakan agama yang penuh dengan toleransi dan menghormati kebersamaan serta gotong-royong. Bila pada hari-hari biasa hanya segelintir orang yang memiliki finansial berlebih saja yang bisa merasakan nikmatnya daging, pada Hari Raya Idul Adha semua orang bisa memakan daging tak peduli ia miskin sekalipun.

Oleh karena itu, berkurban sangat dianjurkan untuk ditunaikan bagi umat muslim yang memiliki finansial lebih. Selain untuk mendapatkan keutamaan dari kurban, juga dalam rangka untuk berbagi denga

Maka bagi yang mampu, sekali lagi, bagi yang mampu mari kita berlomba, berkurban sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan pahalanya akan kita dapatkan nanti di akhirat ketika kita pulang ke hadapan Allah SWT, “pungkasnya.( Albizar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *