112 views

Pemko Medan Hadiri Raker Harian Orbit & Orbit Digital

 

Medan,MA- Pemko Medan mengapresiasi dan mendukung penuh Rapat Kerja (Raker) yang digelar Harian Orbit & Orbit Digital di Hotel Syariah Grand Jamee Jalan Ring Road Gagak Hitam, Jumat (23/8). Raker ini diharapkan menjadi bagian dari motivasi bagi seluruh keluarga besar Harian Orbit untuk terus berkarya nyata dalam membangun Kota Medan pada ranah informasi.

Apresiasi ini disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintah (Aspem) Kota Medan Musaddad ketika membuka Rapat Kerja (Raker) Wartawan Harian Orbit dan Orbit Digital Sumut – Aceh tersebut. Raker ini berlangsung 23 – 24 Agustus dihadiri sebanyak 40 orang wartawan.

Dikatakan Musaddad, Pemko Medan menyadari arti pentingnya media massa bagi perjalanan pemerintah. Sebab, media berfungsi memberikan banyak masukan kepada pemerintah, khususnya di bidang pembangunan.

“Informasi dan kritikan melalui pemberitaan akan menjadi hal yang sangat berarti bagi kami semua. Karena tanpa informasi tersebut, Pemko Medan tidak akan dapat menjangkau seluruh wilayah Kota Medan secara bersamaan, maka kehadiran media memungkinkan hal tersebut,” kata Musaddad.

Disamping itu Musaddad menambahkan, melalui internet, ribuan bahkan jutaan berita bisa sampai kepada para pembaca hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Selain itu juga masyarakat dengan mudah mendapatkan berbagai macam informasi.

Atas dasar itulah Wali Kota mengingatkan, banyak informasi beredar tanpa landasan data dan fakta yang valid alias informasi hoax. Meski dremikian imbuhnya,

hoax bahkan kini bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis baru. Banyak pihak yang kini memanfaatkan berbagai momentum untuk menyediakan informasi hoax.

“Tujuan penyebaran hoax ini antara lain adalah untuk propaganda, menyebarkan black campaign, pencemaran nama baik, menghancurkan kredibilitas seseorang, meraih publisitas melalui cara yang tidak benar, atau hanya karena demi mendapatkan keuntungan komersial,” jelasnya.

Di kesempatan itu Musaddad juga berharap Harian Orbit dapat memberikan sumbang saran dan kritikan sebagai social control di tengah masyarakat. Namun saran dan kritikan yang disampaikan hendaknya bersifat membangun sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Pemko Medan dalam melakukan kebijakan.

“Di samping itu mengedukasi masyarakat Kota Medan untuk melek media dengan menyuguhkan bacaan yang berkualitas dan mencerdaskan. Jika itu dilakukan, masyarakat Kota Medan nanti menjadi cerdas dalam mengakses informasi,” ungkapnya.

Sementara itu Pemimpin umum Harian Orbit & Orbit Digital H Machsin Ahmad SH, mengucapkan selamat datang kepada wartawan dari Aceh maupun Medan yang mengikuti Raker tersebut.  berharap melalui Raker ini mampu membentuk wartawan yang kritis dan profesional serta mampu bersaing sekaligus memajukan dunia pers di Indonesia.

“Perkembangan bisnis pers kian meningkat, saat ini sekitar 43 ribu lebih media online yang ada di Indonesia. Untuk itulah saya minta kepada seluruh wartawan Orbit agar benar-benar bersaing dengan cara yang sehat dalam menyajikan pemberitaan,” ungkap Machsin..(Rl/AT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *