134 views

Hendak Bertanam Sayur Mujito Als Ombing Bakar Lahan di Tangkap Polsek Penipahan 

Rokan Hilir-MA
Mujito yang lebih di kenal Ombing (58)  warga Jl.Darul Sofa RT.04 RW.02 Dusun Darul Ikhsan.Kep.Penipahan Laut Kec.Pasir Limau Kapas Kab.Rohil terpaksa berurusan dengan pihak Polsek Penipahan karena kedapatan membakar Lahan Perkebunan dengan ukuran luas terbakar 20 x 20 M pada titik koordinat N 2″44’15” E 100″32,21132,2’11” dengan tempat kejadi perkara (TKP) Jl.Darul Sofa RT 04 RW 02 Dusun Darul Iksan Kep.Panipahan Laut Kec.Pasir Limau Kapas Kab.Rokan Hilir.

Ombing di tangkap dari laporan angota Opsnal Polsek Panipahan Nastor H Nababan diperkuat dengan barang bukti 1 buah Mancis warna kuning dan 10 Batang Kayu bekas terbakar yang terdiri dari berbagai ukuran panjang,terhadap tersangka ini Polisi menetapkan Ombing di duga melanggar Pasal 108 Jo pasal 69 Ayat 1 Yo Pasal 98 Ayat 1 Yo Pasal 99 Ayat 1  UU RI NO. 32 Thn 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolahan Lingkungan Hidup Yo Pasal 108 Yo Pasal 56 Ayat 1 UU RI Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan.

Informasi yang di himpun dari Kapolres Rohil AKBP Sigit Adi Wuryanto,S.I.K,M.H yang disampaikan oleh Kasubag Humas Polres Rohil AKP Juliandi,SH ke pada para awak media menerangkan bahwa
Penangkapan terjadi pada hari Senin tanggal 16 September 2019 sekira pukul 17:00 Wib dan disaksikan Serma Heri Kalman dan Khairul yang saat itu sedang melaksanakan Patroli di Jl. Darul Sofa RT. 04 RW.02 Dusun Darul Iksan Kep. Panipahan Laut Kec. Pasir Limau Kapas Kab. Rohil dan saat itu kedua saksi melihat ada titik api diperkebunan. Setelah itu saksi Serma Heri Kalman menanyakan kepada aparat desa tentang siapa pemilik lahan dan siapa yg telah membakar lahan tersebut, yang kemudian diketahui bahwa yang telah membakar lahan tersebut ialah sdr Mujito Als Ombing.
Mengetahui hal tersebut kemudian saksi Heri Kalman dan saksi Khairul beserta  aparat desa menjemput sdr Mujito Als Ombing yang saat itu sedang berada dirumahnya, dan atas pengakuan sdr Mujito Als Ombing bahwa memang dia yang telah membakar lahan tersebut, yang mana sdr Mujito Als Ombing telah membakar lahan tersebut pada hari Minggu tanggal 15 September tahun 2019 sekira pukul 17:00 Wib dengan menggunakan 1 (satu) buah mancis warna kuning, yang tujuan membakar lahan tersebut adalah untuk bercocok tanam jenis tanaman serai.
 Atas pengakuan sdr Mujito Als Ombing kemudian saksi Serma Heri Kalman dan Saksi Khairul langsung mengamankan diduga pelaku yang bernama Mujito Als Ombing tersebut.
Dan Pada hari Senin tanggal 16 September 2019 sekira pukul 19:05 Wib Serma Heri Kalman beserta anggota Babinsa lainya menyerahkan diduga pelaku Mujito Alias Ombing ke Polsek Panipahan guna Proses lebih lanjut.”Terang Juliandi.
Penulis : Syaipul Bahri
Sumber: Humas Polres Rohil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *