153 views

Wilayah Riau di Guyur Hujan, Gubernur Drs,H Syamsuar,M.Si Unggah Rasa Syukurnya di FB

Rokan Hilir-MA
Sebagai gubernur Riau Drs H Syamsuar,MSi menyempatkan dirinya menulis di setatus akun Facebooknya sebagai rasa syukurnya ke pada Allah S.W.T atas rahmad hujan turun yang membasahi bumi Riau,semua itu dilakukan dirinya atas keperihatinannya terhadap rakyat Riau yang di landa bencana kabut asap saat ini.

Dalam Setatus Akun FB nya itu termuat pesan moral sebagai pemimpin yang arif dan bijaksana,ada pun kalimat yang ditulis seperti berikut ini,”Alhamdulillah Ya Allah, hujan dilaporkan turun merata di wilayah Riau sejak Selasa malam hingga dini hari Rabu. Meski kualitas udara mulai membaik dan titik api mulai menurun, namun kita tetap akan mewaspadai segala sesuatunya sampai benar-benar tuntas.

Berbagai upaya tiada henti tim satgas darat dan udara, pemadaman ke lokasi-lokasi sulit Karhutla hingga modifikasi cuaca (TMC) yang bergerak serentak, perlahan telah membawa hasil. Semuanya tentu atas seizin Allah SWT meridhoi segenap ikhtiar.” Saya ucapkan terimakasih atas segala upaya kerja keras tim Satgas.”Himbaunya.

Titik api dan dampak asap masih kita antisipasi seiring dengan peningkatan status tanggap darurat bencana yang berlaku hingga 30 September mendatang. Kami akan terus lakukan evaluasi kerja lapangan setiap hari.

Saat ini dilaporkan ada 7 unit helikopter waterboombing dan patroli, dan 2 unit helikopter TMC (TNI AU) beroperasi membantu penanganan Karhutla Riau. Per 19 September 2019, lebih dari 130 juta liter air ditumpahkan dalam operasi waterboombing, dan 171 ribu Kg lebih garam dalam 214 sortie dalam operasi modifikasi cuaca khusus untuk wilayah Riau. Ini merupakan jumlah operasi udara terbesar dibandingkan wilayah Karhutla lainnya di Indonesia.”Jelasnya

Sementara untuk pemadaman darat, ribuan tim Satgas dari TNI, Polri, BNPB, Manggala Agni, BPBD, Swasta, Relawan dan lainnya juga terus bekerja maksimal melakukan pemadaman, terutama pada daerah gambut yang sulit untuk diatasi. Mereka bekerja tanpa henti memastikan titik api tidak terus meluas.

Kita akan terus menginventarisasi kejadian ini hingga ke tingkat tapak, dan menjaga jangan sampai terjadi lagi di kemudian hari. Tentunya butuh sinergisitas semua perangkat Pemerintah Daerah, serta keterlibatan aktif masyarakat. Karena mencegah akan lebih baik daripada memadamkan.”Terangnya.

Kami juga terus memastikan pelayanan kesehatan pada masyarakat terdampak asap dapat berjalan baik. Terutama pada kelompok rentan seperti bayi, anak-anak, Ibu hamil, dan lansia.

Saya akan mengawal terus semua upaya di masa-masa tanggap darurat ini, dan semoga Allah SWT meridhoi segenap ikhtiar serta mengijabah doa-doa kita semua agar bencana ini segera berlalu.”Semoga anak-anak kita bisa segera kembali ke sekolah.”Himbaunya.

Penulis:Syaipul Bahri
Sumber:FB Drs.H Syamsuar,M.Si

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *