171 views

Tingkatkan Kapasitas Ormas, Kesbangpol Luwu Timur Gelar Pendidikan Politik

 

LUWU TIMUR,Media-Abpedsi.com

– Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Luwu Timur menggelar pendidikan politik peningkatan kapasitas SDM Masyarakat dengan Tema “Berpolitik yang santun, berbudaya dan bermartabat”.

Kegiatan pendidikan politik tersebut digelar di Aula Hotel Sikumbang Kecamatan Tomoni, Jumat (27/09/2019).

Guntur Hafid selaku kadis Kesbangpol Lutim, mengatakan bahwa sosialisasi pendidikan politik ini dikhususkan bagi organisasi masyarakat.

“Sosialisasi pendidikan politik ini dikhususkan ke ormas karena tahun sebelumnya pendidikan politik semacam ini difokuskan untuk kader partai politik, namun untuk tahun ini kami tujukan untuk pengurus ormas”, jelasnya Guntur.

Ia juga menyampaikan jika kegiatan pendidikan politik ini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 27-28 September 2019 dengan narasumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan dan Forkopimda Luwu Timur.

Mewakili Bupati, Dohri As’hari selaku Asisten Pemerintahan, mengatakan bahwa pendidikan politik ini sangat penting karena akan menentukan masa depan bangsa. Apalagi dalam waktu dekat akan ada pemilihan desa yakni sekitar November tahun ini dan tahun depan juga akan dilakukan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

” Kegiatan pendidikan politik ini diharapkan dapat meningkat partisipasi pemilih. Dengan pelibatan ormas dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat partisipasi pemilih”, pungkas Dohri.

Dohri juga mengingatkan bahwa sejalan dengan kemajuan informasi saat ini harus disikapi dengan baik. Banyak informasi yang beredar dimasyarakat harus bisa di pilah dengan baik karena banyak juga informasi yang tidak benar atau Hoax beredar dimasyarakat dan bisa mengganggu situasi daerah yang kondusif.

“Oleh karena itu, saya harapkan partisi ormas untuk bersama-sama menjaga situasi daerah menghadapi situasi politik dan mari kita semua berpartisipasi menjaga daerah dengan berpolitik santun, berbudaya dan bermartabat”, tutup Dohri.

Diketahui ormas yang mengikuti kegiatan pendidikan politik ini antara lain Karang Taruna, FKPPI, LSM, Gamki, KNPI, PMI dan Ormas lainnya.
(Widian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *