155 views

Hadirkan Solusi Kongkrit Konflik Sawit, Wartawan Di Morut Akan Gelar Dialog Publik

Morowali Utara,Media-Abpedsi.com
-Sejumlah wartawan di Kabupaten Morowali Utara (Morut) akan gelar dialog publik mengurai konflik masyarakat dan perusahaan perkebunan kelapa sawit, Hal ini di sampaikan oleh Wardi salah satu penginisiasi kegiatan sekaligus ketua panitia, Minggu (29/09/2019).

Niat kita untuk menghadirkan solusi kongkrit dan konstruktif dalam mengatasi serta meminimalisir konflik antar masyarakat dan perusahaan sawit di Morowali Utara, kata Wardi melalui rilis pers yang diterima wartawan media ini red.

Menurut Wardi, dialog publik tersebut akan dilaksanakan di Caffe Puncak Bougenville, Jln Trans Sulawesi, jalur dua, Kolonodale, Kecamatan Petasia, pada Selasa, pukul 09:00 wita sampai selesai.

Semua pihak diundang sebagai peserta sekaligus narasumber, Mulai dari pihak Pemerintah, Institusi Kepolisian dan TNI, Instansi terkait, Ormas/LSM, Akademisi, Aktivis, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, desa lingkar sawit maupun pihak perusahaan sawit di Morowali Utara, ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk bentuk kegiatan, awalnya direncanakan untuk dilakukan seminar, dimana para pemateri memberikan materi dan peserta mendengarkan hingga diakhiri sesi dialog dengan mengajukan berbagai pertanyaan.

Akan tetapi atas saran dan masukkan berbagai pihak, agar lebih menarik dan dapat menghasilkan sebuah rekomendasi, maka kegiatan ini dibuat dalam bentuk dialog multi pihak, Dialog multi pihak ini menempatkan seluruh peserta sebagai narasumber kegiatan yang dipandu seorang moderator, ujarnya.

Mengenai maksud dan tujuan lanjutnya pertama adalah mengurai konflik antar masyarakat dan perusahaan perkebunan sawit. Kedua, mencari format resolusi konflik antar masyarakat dan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Ketiga, menyamakan persepsi tentang peraturan dan perundang-undangan tentang agraria yang salama ini menjadi sumber konflik antar masyarakat dan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Keempat, bagaimana menimbulkan kesadaran kepada masyarakat dan perusahaan perkebunan sawit, tentang adanya simbiosis mutualisme dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kondisufitas investasi. Terakhir, adanya sinergitas stakeholder terkait dalam memajukan morowali utara dan menjaga iklim invetasi dengan tetap memperhatikan kesejateraan masyarakat, tambahnya.

Ia menambahkan lagi soal tema kegiatan adalah “Mencari Format Resolusi Konflik antar Masyarakat dan Perusahaan Perkebunan Sawit, Demi Kemajuan Kabupaten Morowali Utara”. dan kita berharap semua pihak dapat hadir dan berparpartisipasi demi Morowali Utara yang sama kita cintai,” tutupnya jelas.

(Nakir S.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *