Nasional

Sambut HUT TNI ke -74, Pangdam I/BB Talkshow di TVRI Sumut

MEDAN, Media-Abpedsi. Com
-Acara dialog khusus TVRI dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Adrianto, Danlantamal I Belawan Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M. Pangkosek Hanudnas III Medan Marsma TNI Jhon Amarul dan Danlanud Soewondo Medan Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos, MAP serta Sekda Pemprovsu Hj. Sabrina

Pada kesempatan tersebut, dalam dialog khusus TVRI Pangdam I/BB menyampaikan TNI menyadari sepenuhnya, bahwa TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat, dan pada akhirnya kembali kepada rakyat. TNI lahir dari rakyat, jadi rakyat adalah ibu kandung TNI. Oleh karenanya, sudah selayaknya TNI melakukan pengabdian terbaik untuk membantu kesulitan rakyat, membantu Pemerintah Daerah dalam menciptakan situasi yang aman dan nyaman, sehingga roda pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta kesejahteraan masyarakat semakin baik.

Lebih lanjut Pangdam I/BB juga menyampaikan TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa merupakan salah satu program pemerintah sebagai wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, yang langsung menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di desa-desa terpencil. Melalui program TMMD, TNI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun daerahnya, guna mengatasi berbagai masalah, terutama di bidang ekonomi dan sosial budaya. Selain itu, para prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong royong dan energi positif untuk mencapai kemajuan bersama.

Sementara itu Danlantamal I Belawan Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M. menyampaikan tugas pokok Lantamal I Belawan, yaitu : Pembinaan kekuatan dan kemampuan guna menyelenggarakan dukungan tempur, logistik dan administrasi bagi unsur-unsur/marinir yang melaksanakan operasi. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut Lantamal I memiliki tugas untuk menjaga wilayah laut perairan pantai Timur dan pantai Barat Sumatera, dengan melaksanakan patroli menggunakan alutsista yang tersedia secara terus menerus secara berkesinambungan untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi di laut seperti kejahatan penyelundupan, perompakan, narkotika, pelanggaran wilayah dan kejahatan perikanan/ilegal fishing.

Patroli laut yang dilakukan, tidak sebatas mengecek kelengkapan administrasinya saja, tetapi juga kesesuaian antara administrasi kapal dengan barang yang diangkut. Dalam hal ini satuan patroli memiliki beberapa alutsista yang terdiri dari 3 KRI dan 5 Kal untuk melaksanakan patroli terbatas. Disamping itu unsur gelar KRI Koarmada I yang di BKO-kan pada Gugus Tempur Laut (Guspurla Koarmada I) atau Gugus Keamanan Laut (Guskamla Koarmada I) secara rutin melaksanakan patroli di wilayah laut perairan Sumatera.

Danlantamal I Belawan berharap kedepan Angkatan Laut harus menjadi lebih tangguh dalam menghadapi semua tantangan dan ancaman yang muncul di masa yang sarat dengan kecanggihan teknologi. dengan meningkatkan profesionalisme prajurit yang diimplementasikan dalam pelaksanaan latihan-latihan secara berlanjut, bertingkat dan berkesinambungan. selama 74 tahun TNI AL telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Hadir dalam acara tersebut, para unsur Forkopimda Provsu, Kasdam I/BB, Wakapolda Sumut, Walikota Medan, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, para Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, PJU Polda Sumut
(Rl/Sahat)
Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *