213 views

Musda VII HSNI Bahas Kerjasama Dengan Pemerintah

Lampung (MA)-Musyawarah Daerah VII Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).Digelar  di Hotel Emersia Bandar Lampung senin (14/10/2p19 ) dan di hadiri oleh peserta HNSI se -Lampung.hal tersebut mengacu pada Pemerintah yang akan bekerjasama dengan HNSI Lampung untuk membuat kartu nelayan berjaya untuk nelayan.
Ketua umum HSNI DR.H.Yusuf Solichien M,,MB.A,.Ph.D. mengatakan bahwa musda ini ada tiga hal yang penting,” yang pertama kita membuat program kerja,tadi sudah di jelaskan oleh Bpk Gubernur bahwa bagaimana HSNI dan Pemerintah Provinsi Lampung akan meningkatkan pendapatan nelayan,mensejahterakan nelayan dan meningkatkan taraf hidup nelayan .HSNI adalah organisasi nawalaba yang tidak punya power dan dana,yang punya power dan dana adalah Pemerintah.”ujarnya.
“Pemerintah itu sudah di amanatkan dengan konstitusi itu tertuang dalam Undang- Undang Dasar Tahun 45 kewajiban Pemerintah adalah melindungi negara,dan mensejahterakan rakyatnya.berarti negara berkewajiban mensejahterkan rakyatnya jadi nelayan lampung menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mensejahterakan  dan mencerdaskan nelayan.”ucapnya.
Ia juga menerangkan bahwa Musda ke Vll ini juga akan memilih siapa yang pantas menjadi pemimpin,yang pantas menjadi pemimpin adalah yang bisa menjadi guru, bapak,manajer dan mitra kerja yang baik supaya dapat menakhodai HSNI Lampung,yang ke tiga adalah  musda ini akan memberikan rekomendasi pada  pemerintah,inilah kondisi nelayan Lampung kesehatannya,pendidikannya dan kesejahteraanya .untuk itu pemerintah dapat memberikan perhatiannya pada nelayan Lampung.
” kemiskinan bukan hanya nelayan,kemiskinan ini hanya dua saja di sebabkan oleh askes dan yang ke dua norit ketika dia tidak memiliki akses permodalan,akses pendidikan akses  perumahan akses kesehatan,dia tidak memiliki pengetahuan,untuk modern untuk ekonominya lebih meningkat lagi dia akan miskin.untuk itulah HSNI lampung akan membuka akses itu dan harapan saya kedepan rakyat lampung sejahtera semua negara kuat.”ungkap Yusuf.
Negara kita,lanjut dia.adalah Negara maritim jadi kita harus kuat,nelayan harus cerdas dan kuat.petani sebagai pilar negara ini juga harus kuat.Indonesia akan berkembang jika nelayan,petani dan buruhnya maju.saya sudah ajukan pada pak jokowi agar tanggal 21 mai adalah hari nelayan,namun sampai sekarang belum ada jawaban. “Jelasnya
Taufiq Bashari selaku penasehat HNSI Lampung mengatakan “nelayan harus bersatu supaya negara kuat, saya harap para nelayan semua bisa solid bahu membahu untuk menyelesaikan semua masalah yg ada di lampung.dan saya akan minta kepada setiap kepala Daerah baik itu tingkat kabupaten kota maupun Provinsi agar dapat memberikan perhatian yang penuh pada nelayan.karena nelayan ini jika di berdayakan akan berpotensi untuk meningkatkan perekonomian daerah.”tuturnya.
Masih dikatakannya bahwa  kiranya Pemerintah dapat memperhatikan nelayan Lampung.dirinya akan menggali perusahaan perusahan yang mana saja nanti yang bisa di bawa untuk bisa pihaknya bawa ke tingkat pusat agar  dapat bekerjasama untuk mendanai nelayan.
” kita butuh juga insentif insentif  yang bisa di berikan pada nelayan, insentif baik dalam hal permodalan dan perijinan dsb oleh karena itulah saya harap anggota anggota dewan yg membidangi perikanan dan nelayan ini dapat memperjuangkan peningkatan anggaran bagi para nelayan.kita ingin kedepan ada komunikasi antara HSNI dan pemerintah agar semua permasalahan dapat di selesaikan bersama sama.” Ulasnya.(rls/del)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *