250 views

Turnamen Gateball Babak Kualifikasi PON – XX dan Kejurnas Gateball – IV di Tobasa, Resmi Dimulai

Tobasa (Media ABPEDSI.Com)- Mewakili Bapak Basuki Hadimuljono selaku Ketua Umum Pengurus Besar PERGATSI, Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Bapak Danis Sumadilaga, resmi membuka langsung Turnamen Gate Ball Babak Kualifikasi PON – XX dan Kejurnas Gateball – IV. Turnamen dibuka sekitar pukul 10:00 Wib, pada hari ini Selasa (29/02/2019) di lokasi kompleks kantor Bupati Tobasa, Balige.

Rangkaian kejuaraan Turnamen Gateball akan dilaksanakan selama lima (5) hari berturut-turut yakni mulai tanggal 29 Oktober, hingga berakhir pada tanggal 02 November 2019.

Dalam kata sambutannya Bapak Danis Sumadilaga mengatakan, bahwa penyelenggaraan turnamen dipersiapkan selama hampir tiga (3) bulan ini. Kita berikan apresiasi kepada Bupati Tobasa Darwin Siagian, serta kepada seluruh panitia dan yang turut berperan serta atas terselenggaranya turnamen. “mari kita ikuti turnamen ini dengan baik, agar sukses hingga memperoleh juara dan nantinya Gateball ini semakin banyak diminati kaum millenial,” ajak Bapak Danis Sumadilaga.

Ia pun berharap ajang turnamen Gateball yang dilaksanakan jangan hanya menjadi ajang kompetisi olahraga namun, dan lebih mengutamakan persahabatan. Turnamen inipun sangat diharapkan turut ikut mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Tobasa. “Mari kita manfaatkan turnamen Gateball ini sebagai salah satu cara untuk menarik wisatawan serta mengembangkan kawasan Tobasa menuju destinasi wisata dunia,” ajak Danis Sumadilaga.

Selepas pemberian kata sambutannya, dilanjutkan pelepasan balon ke udara oleh Bapak Danis Sumadilaga didampingi Bupati Tobasa, serta diiringi pemukulan alat musik tradisional Batak yakni Gondang Batak. Berlanjut dengan pemukulan bola Gateball yang dilakukan dengan bersama-sama, di lapangan yang sudah dipersiapkan.

Bupati Tobasa Darwin Siagian bersama Forkopimda, SKPD, beserta panitia turut memberikan Ulos kepada Bapak Danis Sumadilaga pertanda tali kasih dari Pemkab Tobasa, diikuti pemberian Ulos selempang kepada setiap utusan 27 kontingen. Selepas pemberian Ulos, dilanjutkan defile peserta memasuki lapangan diiringi Korps Musik (Korsik) YP Arjuna Laguboti.

Turnamen diikuti sekitar 651 Orang atlet yang berasal dari 27 propinsi di Indonesia. Berikut nama nama Propinsi yang turut menurunkan atletnya untuk bertanding, yakni : Propinsi Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bali, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Utara, DI Yokyakarta.

Salah seorang atlit Gateball, Maria yang berasal dari propinsi Jawa barat mengapresiasi pelaksanaan turnamen diadakan di Tobasa. Kami akan upayakan untuk bertanding sesuai aturan dan meraih kemenangan.

“Udara dan suasana mirip di kota Lembang, Bandung, penyambutannya bagi kami mulai sampai di Tobasa, sangat kami apresiasi. Keadaan lapangan turnamen pun sudah sesuai standard, ditambah akomodasi penginapan sangat memuaskan. Harapan kami untuk tahun tahun berikutnya turnamen Gateball dilaksanakan lagi di Tobasa ini,” ucap Maria.

Rencananya usai Turnamen Gateball Babak Kualifikasi PON – XX dan Kejurnas Gateball – IV, ditempat yang sama akan dilaksanakan Kejuaraan Terbuka Danau Toba Gateball Internasional Piala Bupati Tobasa 2019, yang nantinya akan diikuti 96 tim untuk nomor double dari berbagai Propinsi di Indonesia, dan beregu berjumlah 48 tim yang akan dilaksanakan selama dua (2) hari, yakni pada hari Minggu dan Sabtu tanggal 3 dan 4 November 2019.
(Raju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *