157 views

Pejabat Utama Kodam I/BB Unjuk Kebolehan Fisik Dengan Melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik TA 2019

Medan(Media Abpedsi. com)

Kodam I/BB – Pejabat Utama Kodam I/BB yang terdiri dari Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, para Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB melaksanakan tes kesamaptaan Jasmani Periodik II TA 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Jasdam I/BB jalan Gaperta Medan Helvetia pada Rabu (30/10/2019)

Asops Kasdam I/BB Kolonel Inf Togu Parmonangan mengatakan pelaksanaan kesamaptaan Jasmani Periodik ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI,dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik prajurit, dan sekaIigus untuk mengukur kemampuan fisik para prajurit guna mendukung tugas Satuan.

Lebih lanjut Asops menambahkan bahwasanya tantangan tugas yang dihadapi kedepan semakin berat dan tidak ringan, hal ini tentunya dibutuhkan fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas tersebut, oleh karena itu perlu pembinaan fisik secara teratur, bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan begitu pasti tantangan tugas kedepan dapat kita laksanakan dengan baik.

Adapun tes Kesamaptaan Jasmani Periodik tersebut meliputi tes kesegaran “A” yaitu lari 12 menit dan tes kesegaran “B” Pull Up, Sit Up Twist, Push Up, Lunges, Shuttle Run, serta renang gaya dada jarak 50 meter.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan personil dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, yakni mengukur tensi dan denyut nadi peserta tes kesamaptaan Jasmani. Hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan masing-masing prajurit sebelum melaksanakan tes kesamaptaan Jasmani.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan kesehatan bagi yang akan mengikuti kegiatan kesemaptaan guna untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Dan sebelum melaksanakan Garjas prajurit melakukan pelemasan dan pelemasan serta joging untuk menghindari terjadinya keram pada fisik.

Tak kalah pentingnya disampaikan Asops agar tetap memperhatikan faktor keamanan masing-masing. “Jangan memaksakan kemampuan kalian yang dapat berakibat fatal, jenjang karier kalian masih panjang, apabila ada yang sakit laporkan kepada tim kesehatan agar dapat dipantau,” tegasnya.

Jurnalis : Sahat
Sumber : Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *