135 views

Pemusnahan 5 kg Sabu Barang Bukti Hasil Tangkapan Selama 2019 Polres Lumajang

 

Lumajang, MA – Hasil pengembangan yang dilakukan tim Cobra polres Lumajang, terkait jaringan Sokobah yang berhail mengamankan Lima kilogram Shabu. Dalam hal ini, Polres Lumajang bersama jajaran Forkopimda kabupaten Lumajang, ambil langkah positif untuk hindari hal-hal yang menjadikan preseden buruk kecemburuan sosial, (30/10/2019).

Langkah positif polres Lumajang, terkait Lima kilogram shabu sebagai barang bukti hasil penggrebekan, adalah memusnahkan barang bukti bersama jajaran forkopimda kabupaten Lumajang. Bertempat di Lobby Mapolres Lumajang, Tim Cobra Sat Reskoba Polres Lumajang memusnahkan shabu seberat Lima kilogram hasil pengembangan jaringan Sokobanah. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh kapolres Lumajang.

Dalam metode pemusnahan kali ini, kapolres Lumajang yang didampingi oleh kepala BNNK kabupaten Lumajang memilih dengan cara merebus shabu tersebut dalam air mendidih, Sebelum dituangkan ke dalam kloset kamar mandi milik Polres Lumajang.
Mulanya, shabu yang berada di dalam bungkusan tersebut dikeluarkan terlebih dahulu lalu dimasukan kedalam air yang telah mendidih. Air campuran sabu yang mendidih dibiarkan masih tetap diatas api beberapa waktu agar shabu benar-benar hancur. Setelah itu, barulah air hasil rebusan tersebut dituangkan kedalam kloset kamar mandi agar tak bisa digunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Dalam pernyataannya, kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MH MM mengatakan, bahwa metode yang dipilih ini adalah metode yang paling aman dan dapat benar-benar menghancurkan shabu tersebut. “kami menghindari menghancurkan shabu dengan cara di bakar, karena bisa berakibat personil yang membakar shabu tersebut akan menghirup dan positif semuanya. Bahkan orang-orang yang ada disekitar yang menghirup asap dari pembakaran shabu pasti akan positif”, terang Arsal, pria yang menyelesaikan gelar S3 di Universitas Padjajaran kota Bandung tahun 2010 tersebut.

Selain itu AKBP Indra Brahmana yang merupakan kepala BNN Lumajang menerangkan, bahwa shabu yang dimusnahkan oleh Polres Lumajang memiliki kualitas yang sangat tinggi. “Bisa dilihat dari indeks yang keluar dari alat yang saya bawa ini, bisa dipastikan shabu ini memiliki kualitas nomor satu sehingga memiliki harga diatas rata-rata shabu yang beredar di kalangan pengguna.

Jurnalis: Djaka Pratama
Editor :Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *