HomeNasional

Ketua Dekranasda Sumut Dorong Pelaku Tingkatkan Industri Fashion Daerah

MEDAN (Media Abpedsi.com)

Fashion merupakan bagian dari industri kreatif yang perlu ditingkatkan. Salah satunya dengan cara mengadakan festival fashion maupun pagelaran busana. Oleh sebab itu Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi mendorong para pelaku industri fashion untuk menggelar acara serupa.

Hal tersebut disampaikan Nawal pada acara YAPMODE FASHION FESTIVAL 2019, di Santika Dyandra Hotel & Convention Centre, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Sabtu (16/11) malam. Menurut Nawal, acara festival fashion akan dapat meningkatkan industri fashion, khususnya di daerah.

“Kegiatan seperti ini agar dapat lebih ditingkatkan agar industri fashion kita di daerah dapat lebih dikenal, apalagi dengan konsep budaya lokal yang kita miliki,” ujar Nawal.

Selain itu, festival fashion diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pelaku industri untuk memamerkan karyanya. Tentu saja hal itu juga bertujuan untuk mempromosikan hasil karyanya masing-masing.

Sepanjang pagelaran busana, Nawal tampak terpukau sewaktu model-model yang mengenakan karya para desainer berjalan di catwalk. Menurut Nawal karya para desainer Sumaetra Utara semakin hari semakin baik. Diharapkan dapat bersaing dan berdaya guna di tingkat nasional bahkan internasional.

“Kita harapkan karya anak-anak Sumatera Utara berdaya guna dan dapat bersaing di nasional maupun internasional, demi Sumatera Utara yang bermartabat,” kata Nawal usai pagelaran.

Sementara itu founder YAPMODE Gallery dan Fashion School Yuni Pohan mengungkapkan pada pagelaran busana tersebut ditampilkan karya dari 28 siswa sekolah YAPMODE yang akan lulus. Juga ditampilkan karya 18 desainer Kota Medan, dan 3 desainer tamu dari Jakarta.

YAPMODE Fashion Festival merupakan event tahunan. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang kedua. Tema tahun ini adalah “wajah nusantara”. Kegiatan ini dikatakannya adalah wadah untuk menuangkan karya para siswa YAPMODE.

“Kegiatan ini adalah wadah menuangkan karya kami yang memiliki tujuan agar fashion industri dihargai di Sumatera Utara,” kata Yuni yang juga Ketua Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) Sumut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Yulidar Bugis, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sumut Rosna Nurleily Siregar, Ketua Dekranasda Kota Tanjung Balai Sri Silvisa Novita, Ketua Dekranasda Batubara Maya Indriasari.

FOTO

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi menghadiri sekalugus membuka acara Yapmode Fashion Festival 2019 di Hotel Santika Dyandra dan Convention Centre Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Sabtu (16/11/2019) malam. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu : Veri Ardian )

Jurnalis : Sahat
Sumber : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *