192 views

Ketua Bawaslu Tobasa Romson Purba, Ajak Pemilih di Tobasa Turut Berperan Sebagai Pengawas Pada Pilkada 2020

Tobasa, (MA)–Balige : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba Samosir (Tobasa) menggelar Sosialisasi tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tobasa untuk tahun 2020 di Kecamatan Balige dan Kecamatan Tampahan. Sosialisasi digelar di Balige tepatnya di Gedung Aula SMK Negeri 1 Balige, pada hari Senin (09/12/2019) dimulai sekitar pukul 10:00 Wib hingga selesai.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Tobasa, Bapak Romson Purba, yang didampingi Thomson Manurung selaku Devisi Organisasi Sumber Daya Manusia (OSDM), Japarlin Napitupulu selaku Devisi Hukum Penindakan Pelanggaran Sengketa (HPPS) hadir dan turut menyampaikan arahan dan kata sambutan.

 

Dalam sambutannya pada acara sosialisasi mengatakan, terselenggaranya pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pilpres yang sudah berlalu dengan aman, tertib dan lancar merupakan bagian kerjasama dan peran aktif pengawasan dari semua pihak, termasuk peran dari para pemilih. Romson Purba pun berharap pada pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tobasa tahun 2020 dapat terlaksana seperti halnya saat pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden yang lalu.

“Terimakasih pada semua pihak peserta pemilu yang telah membantu kita (Bawaslu Tobasa) dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019. Saat perhelatan tersebut banyak proses pelaksanaan yang masih harus kita perbaiki bersama sebagai acuan pada pilkada 2020 nanti,” sebut Romson Purba.

Menurut Ketua Bawaslu Tobasa Romson Purba pada pilkada 2020 dana yang diberikan kepada Bawaslu Tobasa sekitar lima belas miliar. Romson pun berharap agar dana yang akan dipergunakan dalam hal pengawasan pelaksanaan pilkada 2020 dapat dipergunakan sebaik mungkin. Menurutnya Bawaslu Tobasa terbuka bagi siapapun untuk melaporkan hal hal yang melanggar pada masa pelaksanaan Pilkada nanti.

“Pada semua pihak mari kita bersama sama untuk aktif mengawasi proses perjalanan pilkada nanti, demi memperoleh pemimpin (Bupati / Wakil Bupati) yang terbaik serta berpihak demi kepentingan Bangsa, Negara serta Masyarakat,” ajak Ketua Bawaslu Tobasa.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Tobasa Henri Marudin H Pardosi. Dalam sosialisasi ini Ketua KPU Tobasa menjelaskan, sosialisasi tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tobasa 2020 dilaksanakan, dengan mengingat peraturan KPU RI nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan KPU RI nomor 15 tahun 2019, yakni tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.

Terlihat turut hadir Kabag OPS Polres Tobasa Kompol Efendi Sinaga, Kasat Intel AKP Antoni Rajagukguk, Praeses Distrik XI Toba Hasundutan Pdt. Donda Simanjuntak, tokoh masyarakat, perwakilan dari Partai peserta pemilu, Ormas, LSM, Media serta undangan lainnya.
(Raju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *