116 views

Dialog Interaktif RRI Medan : Pangdam I/BB Bahas Isu Aktual dan Tantangan Global

Medan (Media Abpedsi. com)

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah tampil menjadi narasumber dalam dialog interaktif yang digelar RRI Medan, Senin (6/1/2020).

Dalam dialog interaktif yang dipandu Imelda sebagai penyiar studio RRI Pro1 Medan ini, Pangdam didampingi Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Parluhutan Marpaung dan Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, serta sejumlah Kasi Media Pendam I/BB.

Berbagai isu strategis dalam dialog bertemakan “TNI dan Tantangan Global serta Refleksi Keamanan Sumut di 2020”, dipertanyakan kepada Pangdam secara interaktif, baik oleh penyiar maupun audiens RRI Pro1 Medan.

Dijelaskan Pangdam, untuk menghadapi tantangan global, TNI secara umum dan Kodam I/BB secara khusus, terus melakukan pembenahan SDM prajurit melalui berbagai pendidikan.

Begitu juga di bidang politik, di mana pada 2020 ini, wilayah Sumatera Utara menggelar Pilkada serentak di 23 kabupaten dan kota.

“Terkait kontestasi Pilkada serentak ini, Kodam I/BB pada prinsipnya siap membantu pengamanan yang dilakukan Polri bersama pemerintah. Dan dalam menyikapi Pilkada ini, TNI melalui Kodam I/BB tetap bersikap netral,” jelas Pangdam.

Di samping itu, Pangdam juga menjelaskan, Kodam I/BB melalui jajarannya terus melakukan cipta kondisi kepada masyarakat melalui pembinaan teritorial (binter) yang tujuannya untuk menguatkan persatuan dan kesatuan.

“Kita berharap Pilkada serentak 2020 di Sumut tidak mengarah kepada benturan di masyarakat, dan karenanya TNI siap membantu Polisi dan Pemda,” tegas Mayjen Fadhilah.

“Sebagai prajurit, kita akan tetap menjaga profesionalisme dan bersikap netral, tapi juga tetap melakukan antisipasi dalam rangka menjaga Pilkada yang aman, lancar dan kondusif. Prinsipnya, kita dibelakang Polisi dan memberikan bantuan agar tidak terjadi benturan, sehingga kontestasi Pilkada tidak semakin memanas,” papar Mayjen Fadhilah.

Ditegaskan Mayjen Fadhilah, sinergitas dan soliditas TNI-Polri adalah tiang bagi NKRI. Karena itu pula, kebersamaan TNI-Polri untuk membantu percepatan pembangunan negeri.

Dalam bidang pembangunan kemasyarakatan, lanjut Mayjen Fadhilah, Kodam I/BB juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui Koramil, dan Batalyon. Bahkan prajurit Kodam I/BB yang ditugaskan menjaga perbatasan negara, juga dibekali kemampuan untuk memberikan pengajaran kepada warga di pelosok perbatasan.

Begitu juga soal Tanggap Bencana (Tagana), Mayjen Fadhilah menegaskan, Kodam I/BB melalui program Binter terus memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat melalui pembentukan Peleton PRCPB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana). Peleton ini siap digerakkan kapan dan di mana saja untuk membantu menyelamatan warga masyarakat terdampak bencana yang tersebar di empat provinsi pada wilayah Kodam I/BB.

“Dalam menggerakkan Peleton PRCPB ini, kita tetap berkoordinasi dengan instansi terkait. Namun demikian, kita tetap mendahulukan kecepatan gerak menuju lokasi bencana guna memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga yang terdampak,” papar Mayjen Fadhilah.

Tampak hadir menyambut kedatangan Pangdam I/BB, antara lain Kepala RRI Medan, Aep KD, dan para Kepala Bidang RRI Medan.
Jutnalis:Sahat
Sumber: Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *