150 views

TP PKK Desa Pasindangan Ajak Kadernya Agar Semakin Solid dan Selalu Kompak

Cirebon, Media Abpedsi.com
Kegiatan rutinitas Tim Penggerak PKK Desa Pasindangan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat dilaksanakan setiap bulan sekali di aula kantor Desa Pasindangan (15/01/2020).

Pertemuan rutin PKK dihadiri oleh Pengurus kelompok PKK RT/RW se Desa Pasindangan. Pertemuan tersebut disamping sebagai ajang silaturahmi antar pengurus TP PKK dengan Kelompok PKK RT/RW dan Pokja juga sebagai wahana ceking kerja/laporan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK sejauh mana dapat dilaksanakan oleh pokja.

Dikatakan Ny Susan Meliyana selaku ketua PKK Desa Pasindangan, “saya ingin agar semua yang hadir ini semakin solid dan selalu kompak dalam setiap langkah agar 10 Program Pokok PKK bisa berjalan dengan baik”.

Kepala Desa Pasindangan Indra Triadi mengatakan, “Sesuai amanat Permendagri Nomor 5 Tahun 2007, PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan. Desa dan Kelurahan merupakan mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan. PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah Desa dan Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khusunya keluarga, pembina, motivator serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif. Program PKK merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Indonesia”.

“Pembangunan dalam hal ini mengarah pada upaya mempertahankan kondisi well being atau kondisi berfungsi. Salah satu upaya untuk menciptakan pembangunan masyarakat dari bawah dan lingkup terkecil. Sebagai implementasi ‘kesadaran’ peran perempuan sebagai penggerak terwujudnya keluarga mandiri dan sejahtera. Program PKK ini merupakan salah satu strategi pemerintah di level mezzo. Sasarannya adalah kelompok perempuan yang dikoordinir dan dibentuk struktur kepengurusan dengan tujuan yang jelas. Selain sebagai wadah perempuan untuk berpartisi dalam pembangunan di level mikro, PKK merupakan wadah aktualisasi diri perempuan. Melalui kelompok ini perempuan mengekspresikan kemampuannya memimpin sebuah organisasi, menjalin relasi dengan sesama anggota atau diluar anggota, bertukar ide serta berupaya mensukseskan tujuan-tujuan yang telah disepakati”, kata Indra saat ditemui di ruang kerjanya.

INKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *