860 views

DPC Partai Demokrat Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati – Bakal Calon Wakil Bupati Tobasamosir

Tobasa, Balige,MA- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Tobasamosir (Tobasa) yang dipimpin Robinson Tampubolon, SH akhirnya membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati untuk bertarung pada pemilihan kepala daerah Tobasa tahun 2020. Hal ini disampaikan saat temu pers di kantor DPC Partai Demokrat Tobasa, di Balige pada hari Sabtu (18/01/2020) sekitar pukul 16:00 Wib hingga selesai.

Menurut Ketua panitia penjaringan Rio Tampubolon, pembukaan pendaftaran dilaksanakan selama satu bulan yakni dimulai hari Senin tanggal 20 bulan Januari hingga tanggal 20 bulan Februari 2020, bertempat di kantor DPC Partai Demokrat Tobasa. Ketua Panitia penjaringan Rio Tampubolon didampingi, Tamba Aritonang sebagai sekrestaris, Anita Siahaan sebagai bendahara dan beberapa anggota panitia lainnya.

Menurut Robinson Tampubolon Partai Demokrat mempunyai sistim seleksi penjaringan sesuai petunjuk pelaksana dari DPP Partai Demokrat. Ada tiga tahapan teknis penjaringan ditingkat DPC yang akan dilalui bakal calon. Pertama seleksi administrasi yaitu para calon mengambil formulir, mengisi formulir, mengembalikan formulir, dilanjutkan panitia akan menyeleksi sesuai dengan tertib administrasi yang berlaku. Tahapan kedua melalui lembaga survei yang sudah kita persiapkan lebih dari sepuluh lembaga survei, dilanjutkan tahapan ketiga melalui uji kompetensi.

 

“Pola penjaringan yang kita lakukan berbeda dari partai lain, sesuai arahan dari DPD dan DPP yakni bagi non kader partai kita akan menerima para bakal calon Bupati yang akan mendaftar harus berpasangan (satu paket) dengan bakal calon Wakil Bupatinya. Namun bagi kader partai kita akan menerima bila ada perorangan yang mendaftar, sebab kita pun lebih mendahulukan kader partai,”kata Robinson.

“Hasil yang sudah diperoleh dari proses penjaringan tersebut nantinya akan kita sampaikan (serahkan) ketingkat DPD Propinsi, dan pihak DPD akan melanjutkan ke tingkat DPP dan dari DPP akan terbit surat rekomendasi yang akan menentukan siapa saja bakal calon yang diusung Partai Demokrat,” terang Robinson Tampubolon.

Senada dengan Robinson Tampubolon, Tua Parasian Silaen selaku Wakil Ketua Partai Demokrat Tobasa mengatakan bahwa, pendaftaran terbuka bagi siapapun baik dari kalangan kader partai dan non kader partai. “Dibukanya pendaftaran bacalon merupakan bentuk perhatian partai Demokrat Tobasa untuk mencari pemimpin terbaik yang mampu memakmurkan, memajukan Tobasa dan mengayomi seluruh masyarakat Tobasa. Dan tidak lepas dari hasil tahapan seleksi bacalon dan survei yang ditentukan Partai Demokrat, dimulai dari tingkat DPC, DPD hingga tingkat DPP,” kata Tua Parasian Silaen.

Seperti diketahui partai Demokrat Cabang Tobasa pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019, berhasil memperoleh empat kursi di DPRD Tobasa, menghantarkan empat anggota perwakilan rakyat.
(Raju)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *