361 views

OKP Garda Mudah Pelapa Adakan Acara diskusi publik

Lubuk Lingau,Media-abpedsi.com kesempatan kali ini,izinkan saya untuk menyampaikan sebuah sambutan dalam acara diskusi publik berjudul “ saatnya menjadi Provinsi Baru…?
Semangat untuk mencapai cita-cita kemajuan Pembangunan daerah“

pemekaran wilayah diharapkan dapat menciptakan kemandirian daerah. Tujuan pemekaran sebagaimana tertuang dalam berbagai peraturan perundangan dimaksud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

1. Peningkatan pelayanan terhadap masyarakat
2. Percepatan pertumbuhan kehidupan demokrasi
3. Percepatan pelaksanaan Pembangunan perekonomian daerah
4. Percepatan pengelolaan potensi daerah
5. Peningkatan keamanan dan ketertiban Peningkatan hubungan yang serasi antara Pusat dan daerah.

Beberapa faktor menginginkan pemekaran wilayah

1. Ketimpangan pembangunan ekonomi antar daerah aspek ini memicu terjadinya pemekaran wilayah adalah Ketimpangan Pembangunan antar daerah. Termaksud juga kedalam aspek ini adalah Ketimpangan dalam ketersediaan sumber daya alam bernilai tinggi, seperti minyak bumi,  gas Alam, dan batu bara yang selanjutnya akan mendorong terjadinya ketimpangan kemakmuran antar daerah.

2. Luas daerah
Luas daerah dapat pula memicu timbulnya keinginan untuk melakukan pemekaran wilayah.
Alasannya provinsi Sumatera Selatan terlalu besar luas sumsel 91.592 km2. Jumlah penduduk 8.152.528. Kecamatan 2.361.kelurahan 386 dan 2.853 desa.

Tujuan pemekaran wilayah berdasarkan undang-undang nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah, pembentukan daerah pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Pembentukan daerah dapat berupa pemekaran dari satu daerah menjadi dua daerah atau lebih.

Seperti kita ketahui bahwasanya pemekaran provinsi sumselbar telah diprakasai oleh Bapak waisun dan kawan-kawan. Provinsi sumselbar meliputi 6 kabupaten kota yakni musirawas lubuklinggau muratara, empat lawang Lahat dan pagar Alam.

Dan perlu kita apresiasikan dan kita dukung semoga perjuangan ini secepatnya terwujud dalam waktu dekat. Dalam kesempatan ini kita dari Garda muda palapa akan mendukung penuh perjuangan pemekaran Provinsi sumselbar.

Wajar dengan wilayah provinsi yang sangat luas ini, pembangunan kurang maksimal terutama di 6 kabupaten tersebut. Dan sudah selayaknya provinsi Sumsel harus dimekarkan. Sesuai dengan undang – undang dasar 1945 pada alenia ketiga memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa akan terwujud

Demikianlah sambutan singkat saya, Akhir kata saya ucapkan wabillahitaufiq walhidayah.(rifai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *