134 views

Pembangunan Saluran Irigasi Prioritas Kota Metro

 

Lampung (MA)- Wali Kota Metro, Lamoung Achmad Pairin didampingi Wakil Wali Kota Djohan dan sejumlah pejabat Pemkot setempat melakukan peninjauan sejumlah saluran irigasi yang merupakan salah satu faktor terjadinya banjir.

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro tahun 2020 selain memprioritaskan pembangunan infrastruktur juga akan fokus pada perencanaan pembangunan saluran irigasi. Sebab, program pembangunan irigasi menjadi salah satu program penanganan antisipasi banjir yang akan dirampungkan pada tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Metro, Achmad Pairin saat meninjau saluran irigasi yang berada di jalan Natuna, jalan Batam dan jalan Padat Karya yang lokasi ini bila hujan turun mengalami banjir, Selasa (4/2/2020).

Selain Wali Kota Metro, Achmad Pairin, turut mendampingi Wakil Wali Kota Metro, Djohan, Kepala Bappeda Metro, Bangkit Haryo Utomo, Kepala Dinas PU, Irianto, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Edwin Sony dan sejumlah pejabat Pemkot Metro lainya.

“Saluran irigasi yang berada di tiga lokasi ini, jalan Natuna, jalan Batam dan jalan Padat Karya akan diprioritaskan untuk dibangun di tahun ini. Karena bila hujan turun, lokasi ini sangat banjir. Jadi ini salah satu program prioritas yang akan direncanakan,” ucap Pairin.

Ia juga menyesalkan bahwa setiap kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan oleh Pemkot Metro belum ada warga yang mengusulkan untuk merencanakan program penanganan banjir. Oleh karena itu, program penangan banjir akan lebih difokuskan pada tahun ini.

“Kemarin kan tahun sebelumnya 2019, volume air hujan kan tidak sederas seperti tahun ini 2020. Jadi tidak terpikir untuk diusulkan. Namun, melihat kondisi hujan sangat tinggi nanti bagaimana caranya program perencanaan penangan banjir dapat dianggarkan.

“Yang ada namun melihat aturan dulu. Kalau tidak bisa akan diprioritaskan di anggaran belanja tambahan (ABT), ” tandasnya. (del).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *