109 views

Krisis Air Bersih, Kodim 0820 Probolinggo Bantu Distribusikan Air Bersih

Probolinggo, MA – Sejak beberapa hari belakangan warga di Kota Probolinggo mengalami krisis air bersih. Hal ini disebabkan terhentinya penyaluran air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Probolinggo akibat bocornya pipa saluran air PDAM yang berada di sebelah sisi utara sumber mata air Ronggojalu di Desa Banjarsawah, kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo.

Akibatnya, ribuan warga pelanggan PDAM di kota Probolinggo, tidak mendapatkan air besih dan harus berupaya membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Diperkirakan, ada sekitar 19.000 pelanggan ditiga wilayah yang terdampak bocornya pipa jaringan air tersebut yakni Mayangan, Kanigaran dan Wonoasih.

Kondisi ini menggugah perhatian TNI Angkatan Darat (AD) dalam hal ini Kodim 0820/Probolinggo dikarenakan wilayah terdampak krisis air bersih merupakan wilayah tanggung jawab teritorialnya.

Respon cepat Letkol Inf Imam Wibowo Selaku Dandim 0820/Probolinggo langsung turun tangan memerintahkan anggota Kodim 0820/Probolinggo dipimpin Mayor Inf Meftah Puaddi Kasdim 0820/Probolinggo terjun langsung kelokasi terdampak krisis air bersih untuk mendistribusikan pasokan air bersih bagi warga Kota Probolinggo, Rabu (12/02/20).

Kedatangan TNI yang membawa air tersebut disambut antusias warga dan langsung berkumpul untuk mengantri dengan membawa ember, gentong, jirigen dan galon besar. Adanya bantuan itu cukup membantu meringankan beban mereka dalam mencari air bersih.

Dandim 0820 Probolinggo kepada media Abpedsi.com mengatakan,” Bantuan air bersih untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, kami mencoba meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan air akibat terdampak bocornya pipa saluran air PDAM, semoga bantuan air bersih ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” harap Letkol Inf Imam Wibowo

Letkol Imam Wibowo ini juga meminta kepada Danramil jajaran kodim 0820/Probolinggo untuk memeriksa wilayahnya masing-masing. “Jika terjadi masalah, agar segera dilaporkan dan dikoordinasikan serta dikomunikasikan dengan pemerintah kecamatan dan BPBD agar dapat mengambil langkah-langkah dalam pemenuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” tutur Letkol Inf Imam Wibowo

Sementara Salah satu warga yang ikut antri Sumitro ( 60 ) berharap selama perbaikan pipa yang bocor seperti saat ini bantuan pasokan air bersih bisa terus berkesinambungan sampai pasokan air normal kembali.

” Kami sangat senang atas bantuan air bersih ini dari bapak-bapak TNI semoga jangan hari ini saja, besok- besok ada bantuan lagi sampai keadaan kembali normal. Terima kasih bapak TNI atas bantuan air bersihnya.” ungkapnya.(Naldi Lero)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *