317 views

Apel Koordinasi Sensus Penduduk 2020, Dipimpin Bupati Tobasamosir

Tobasa, Balige (MediaAbpedsi. com)

Apel koordinasi sensus penduduk di Kabupaten Tobasamosir (Toba) dipimpin oleh Bupati Tobasamosir Ir. Darwin Siagian. Hal ini dilakukan demi mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020, baik secara sensus penduduk online dan juga sensus penduduk wawancara. Pemkab Toba bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Toba, menggelar apel koordinasi sensus penduduk bertempat di Lapangan Kantor Bupati pada hari Jumat (14/02/2020) dimulai sekitar pukul 07:30Wib.

Kegiatan Apel Koordinasi dihadiri ratusan peserta termasuk unsur dari ASN, BUMN, BUMD, TNI dan Polri. Dalam kata sambutannya Bupati mengharapkan agar seluruh yang hadir berperan aktif serta mendaftarkan dirinya dalam sensus penduduk tahun 2020 online.

“Sensus penduduk merupakan program Nasional, dan hasil sensus penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan Pemerintah untuk perencanaan pembangunan. Dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan yang ditamatkan, usaha dan perekonomian, maka Pemerintah Pusat dan Daerah dapat memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah,” terang Bupati.

Sementara Whenlis Purba selaku Kepala BPS Kabupaten Toba mengatakan, ada dua cara pelaksanaan sensus yang akan dilakukan pihaknya. Cara pertama dengan sistem online yang akan dimulai Jumat (15/02/2020) hingga Selasa (31/03/2020). Cara kedua dengan sistem wawancara dengan menemui langsung warrga yang akan disensus dimulai Rabu (01/07/2020) hingga Jumat (31/07/2020)

“Kami berharap dukungan dari semua instansi pemerintah, BUMN, BUMD, TNI dan POLRI agar apa yang direncanakan, setidaknya 30% warga Toba melakukan sensus penduduk online, 70 % lagi akan didata secara langsung oleh petugas sensus. Kami mengucapkan terimakasih pada semuanya terlebih Pemkab Toba yang turut mendukung kegiatan sensus penduduk,” ucap Whenlis Purba.

Terlihat, usai pelaksanaan apel koordinasi sensus penduduk dilaksanakan, dilakukan pelepasan balon keudara pertanda dimulainya sensus penduduk di Kabupaten Toba, yang dilepas oleh Bupati Toba bersama kepala BPS Toba. Usai pelepasan balon, dilanjutkan dengan acara senam sensus penduduk senam Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang diikuti seluruh peserta apel koordinasi sensus penduduk.

(Raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *