99 views

Antisipasi Erosi Gubenur Jawa Timur Tanam 50 Ribu Rumput Vetiver Di Kawasan Ranu pane

 

Lumajang, MA -Mencegah erosi lahan pertanian di sekitar Ranu Pani, 50 ribu rumput vetiver ditanam, Sabtu (15/02/2020). Penanaman dilakukan oleh Kodam V Brawijaya bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa penanaman ini diinisiasi oleh Kodam V Brawijaya untuk menjaga terjadinya erosi lahan pertanian di sekitar Ranu Pani karena dapat memiliki akar mencapai enam meter ke bawah tanah. Ia berterima kasih karena Kelompok Tani di Ranu Pani bersedia lahannya ditanami rumput ini untuk mencegah erosi lahan pertanian yang mayoritas berada di perbukitan.

“Ini gerak cepat menindaklanjuti perintah presiden. Aster Kodam langsung koordinasi dengan Kadishut Jatim dan Sekda untuk menyiapkan teknis dan lahan di Ranu Pani,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi menyampaikan, penanaman vetiver akan terus dilakukan dengan koordinasi oleh Korem dan Kodim di jajaran Kodam V/Brawijaya. “Penanaman ini tidak hanya di dataran tinggi. Bisa juga di tanggul sungai, karena fungsinya untuk mengikat tanah dan meminimalisasi dampak bencana longsor,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq turut mendampingi Gubernur Jawa Timur, dan Kodam V Brawijaya menanam rumput vetiver. “Kami sangat berterima kasih kepada Bu Gubernur dan Pangdam V Brawijaya karena ini membantu Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam pelestarian di sekitar Ranu Pani,” ujar Bupati Cak Thoriq.

Bupati menjelaskan bahwa kondisi Ranu Pani saat ini cukup mengkhawatirkan akibat sedimentasi danaunya sudah tidak sedalam dahulu dan juga terjadi penyempitan luasan danau. Kondisi tersebut menurut Cak Thoriq harus diantisipasi.

Meskipun telah mendapatkan bantuan pengerukan sedimentasi danau dari BUMN namun hal itu masih dirasa kurang cukup oleh Bupati. Cak Thoriq menyampaikan bahwa penanaman rumput vetiver ini merupakan langkah tepat untuk mengurangi erosi lahan pertanian di sekitar Ranu Pani.

“Tentu penanaman (rumput vetiver, red) di sekitar lahan pertanian itu mencegah turunnya tanah yang ada dari lahan pertanian turun ke bawah atau ke danau Ranu Pani,” pungkas Bupati(Djk.P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *