100 views

Kodim 0201/BS Dukung Pemerintah Bersihkan DAS Sei Deli

Medan (MediaAbpedsi. com)

Kodim 0201/BS Medan memberikan dukungan penuh terhadap upaya Pemerintah Daerah melakukan pembersihan DAS (Daerah Aliran Sungai) Sei Deli yang membelah Kota Medan, Sumatera Utara.

Dukungan Kodim 0201/BS dalam kegiatan kesiapsiagaan antisipasi bencana banjir di wilayah Kota Medan akibat luapan Sei Deli ini diwujudkan dengan menerjunkan 70 personel Babinsa.

“Sebanyak 70 personel Babinsa jajaran Kodim 0201/BS ini memiliki tugas dan tanggung jawab pada wilayah DAS Sei Deli di kawasan Jln Mangkubumi, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun,” ucap Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, melalui Pasiter Kodim 0201/BS, Mayor Inf Romi Sembiring di lokasi, Selasa (18/2/2020).

Dijelaskan Mayor Romi Sembiring, kegiatan pembersihan alur serta DAS Sei Deli ini dimulai dari kawasan Avros Park, Jln Avros, Kecamatan Medan Polonia hingga kawasan jembatan Jln Perdana, Kecamatan Barat.

“Pembersihan alur serta DAS Sei Deli dari jembatan Avros hingga jembatan Perdana ini dibagi dalam 19 sektor, dan kita (Kodim 0201/BS) bertanggung jawab di sektor Jln Mangkubumi dengan cakupan wilayah kerja sepanjang 300 meter,” urai Mayor Romi Sembiring.

Di kawasan Jln Mangkubumi, personel Babinsa Kodim 0201/BS terlihat bergotong royong melakukan pembersihan sempadan Sei Deli bersama perangkat kecamatan dan warga setempat.

“Selain bergotong royong, kita juga melakukan imbauan kepada warga agar tidak membuang sampah secara sembarangan, khususnya ke dalam Sei Deli. Karena Sei Deli ini akan menjadi warisan kita kepada anak dan cucu,” jelas Mayor Romi Sembiring.

Diterangkan Mayor Romi Sembiring lagi, selain antisipasi banjir Kota Medan, pembersihan kawasan sempadan Sei Deli ini juga untuk menciptakan budaya hidup bersih dan sehat bagi warga di sekitarnya.

“Mustahil warga di sepanjang DAS Sei Deli ini bisa hidup bersih dan sehat, kalau kondisi sungainya masih kotor dan banyak sampah. Oleh karena itu, pembersihan yang dilakukan ini juga bertujuan menjadikan alur Sei Deli ke depannya sebagai destinasi wisata bahari Kota Medan,” terang Mayor Romi Sembiring.

Dalam aksi kesiapsiagaan antisipasi banjir Kota Medan ini, tidak saja kegiatan pembersihan yang dilakukan, tetapi juga penyusuran alur Sei Deli sepanjang 4-5 Km dari jembatan Jln Avros ke jembatan Jln Perdana.

Kegiatan penyusuran dilakukan dengan menggunakan LCR (Landing Craft Rubber) dengan melibatkan personel dari BPBD Sumut, BPBD Kota Medan, BWS II Medan, Tagana, personel TNI-Polri dan Komunitas Peduli Anak dan Sei Deli.

(Sahat)
Sumber: Pendim 0201/BS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *