87 views

Sersan Mayor Agung Prihantono Koramil 0820/16 Bantu Cegah Penyebaran DBD

Probolinggo, MA – Sebagai bentuk antisipasi berkembang-biaknya Nyamuk Aedes Aegypti dan menyebarnya  penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Patunjungan, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Sersan Mayor Agung Prihantono, Anggota Koramil 0820/16 Paiton mendampingi petugas Puskesmas Kecamatan Paiton (Bidan Desa dan Kader Kesehatan).
Dalam kegiatan tersebut memberikan penyuluhan kepada warga binaannya dan melakukan pemeriksaan jentik – jentik nyamuk di tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk serta membagikan ABATE gratis kepada warga di wilayah Dusun Pasar, Rt 1 dan 2 Rw 2, Desa Patunjungan, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.
Kamis, (20/2/20).

Pembagikan Abate  di wilayah tersebut dengan maksud  untuk membunuh nyamuk dewasa dan jentik–jentik nyamuk serta  memutus rantai penularan penyakit demam berdarah.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Patunjungan, Serma Agung P, mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.
“kami minta agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dengan tidak membiarkan air tergenang ,” jelasnya.

Menurutnya Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Barang-barang yang tidak terpakai dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD. Selain langkah 3M , tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan melaksanakan pengasapan atau Fogging ,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Patunjungan, Bpk Agus meyampaikan sangat berterima kasih kepada anggota Koramil 0820/16 Paiton yang telah bekerjasama dengan Puskesmas Kevamatan Paiton dalam melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dan membagikan Abate gratis di wilayah Desa Patunjungan sehingga dapat mengurangi berkembang biaknya nyamuk yang sangat berbahaya. Diharapkan kegiatan ini bisa berkesinambungan sehingga Desa Patunjungan terbebas dari penyakit Demam Berdarah (DBD),” ungkap Agus, Kepala Desa Patunjungan, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo yang didampingi perangkatnya.
(Naldi Lero).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *