102 views

Bupati Lumajang Mengajak Semua Lapisan Elemen Masyarakat Peduli Sampah

 

Lumajang, MA – Bupat. Thoriqul Haq mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli dan melakukan pengelolaan sampah dengan inovatif dan kreatif. Ia menjelaskan, sampah dapat bermanfaat apabila sudah menjadi barang melalui proses pemilahan dan daur ulang secara tepat.

Kami mengajak kepada seluruh Elemen masyarakat Lumajang, ayo kita semua peduli sampah pada sampah.”ujar Bupati dalam acara Peragaan Busana Daur Ulang Sampah di depan Pendopo Arya Wiraraja Sabtu (22/02/2020) malam.

Dalam kesempatan Bupati juga mengapresiasi karya para designer dalam mengolah dan mendaur ulang sampah- sampah menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual tinggi, memaparkan potensi para designer tersebut. Kami harus memaksimalkan Agar kegiatan daur ulang sampah.

Selain itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bergotong royong dan mau menjaga lingkungan dari sampah melalui berbagai kegiatan seperti halnya kerja bakti.

“Ayo semua masyarakat, tetap gotong royong bersama sama membersihkan lingkungan masing masing”, Tegasnya

Sementara, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Daur ulang sampah itu bertujuan untuk mengurangi sampah yang ada di lingkungannya masing masing. Ia pun mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dan peduli terhadap kebersihan lingkunganya sendiri.

“Kita mencintai tanah air berarti mencintai bumi dimana kita dilahirkan dan di besarkan mencintai bumi berarti kita harus merawatnya dengan baik karena kebersihan adalah sebagian dari iman kita.” tuturnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati melaporkan bahwa kegiatan peragaan busana daur ulang merupakan puncak dari kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 di Kabupaten Lumajang.

Dengan Tujuan dari kegiatan busana daur ulang sampah ini bahwa untuk menumbuhkan perkembangan kreatifitas dalam mengelola sampah anorganik menjadi sebuah kerajinan dan kesenian,” ungkap Yuli Haris.

Ia melaporkan ada 9 kegiatan yang merupakan dari salah satu kegiatan apel hari peduli sampah nasional, aksi bersih kali asem, aksi bersih bersih sekolah dan kampung, lomba kerajinan daur ulang sampah, bazar ekonomi kreatif daur ulang sampah, peragaan busana daur ulang sampah, ngopi sambil bersih bersih sampah (NGOPI SAM).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah anggota Forkopimda Kabupaten Lumajang.(Djk.P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *