129 views

Cuaca Exstreem Terus Landa Probolinggo, Dandim Perintah Jajarannya Untuk Tingkatkan Kewaspadaan

 


Probolinggo, MA – Hujan deras terjadi di sebagian besar wilayah Kodim 0820/Probolinggo, sejak sore hari Letnan Kolonel Inf Imam Wibowo, Komandan Kodim 0820/Probolinggo telah memberikan perintah kepada jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan, terkait curah hujan yang cukup lebat.

Semua Koramil jajaran untuk siap dengan segala kemungkinan yang terburuk bila terjadi bencana, agar kita selalu waspada terhadap situasi yang berkembang terkait cuaca yang cukup exstreme tegasnya.Minggu,( 23/2/20)

Sabtu sore, tak hanya hujan yang turun sepanjang malam hari, angin kencangpun seakan tak mau bersahabat dengan lingkungan di beberapa wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo. Air lautpun menjadi pasang, membuat terhambatnya aliran sungai yang ada di muara.

Melihat ramalan cuaca dari BMKG yang mengatakan cuaca extrime masih akan terjadi di wilayah tanggung jawab teritorialnya, Komandan Kodim 0820/Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo tak ingin kecolongan dengan kondisi cuaca buruk yang ada wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo ini.

Seperti yang tertulis diawal berita ini, Letkol Inf Imam Wibowo segera memerintahkan seluruh Koramil jajarannya dan Posko Tanggap Bencana yang sudah disiagakan sebagai bentuk kesiapan prajuritnya dalam mengatasi dan bertindak awal untuk membantu rakyatnya bila terjadi hal yang tidak diinginkan akibat cuaca exstreme yang sewaktu – waktu bisa saja terjadi di sekitar kita tegasnya.

“Sungai Gending” yang membelah wilayah tanggung jawab Koramil 0820/19 Gending meluap akibat aliran sungai terhambat dimuara karena air laut pasang, sedangkan di bagian dihulu sungai air hujan amat deras sehingga berakibat meluap membanjiri pemukiman warga di malam itu. syukur Alhamdullilah tidak terjadi korban jiwa dalam bencana tersebut.

Sekitar kurang lebih 4 jam, 5 Desa di daerah Kecamatan Gending terendam Banjir.

Adapun Desa yang terdampak meliputi dari Desa Sumber Kerang, Desa Pajurangan, Desa Bulang, Desa Gending dan Desa Brumbungan Lor, kelima Desa tersebut masuk wilayah Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Letnan Kolonel Inf Imam Wibowo, Komandan Kodim 0820/Probolinggo memerintahkan Kapten Inf Eddi S, Komandan Koramil 0820/19 Gending untuk memimpin sejumlah 75 Prajurit Kodim 0820/Probolinggo untuk melaksanakan Karya Bhakti membantu masyarakat terdampak melaksanakan pembersihan rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum yang terdampak pasca bencana banjir, untuk membantu meringankan beban mereka.

Letkol Inf Imam Wibowo, Komandan Kodim 0820/Probolinggo kepada media Abpedsi.com mengatakan,” perkembangan cuaca extreme yang tidak bisa di prediksi, Kodim 0820/Probolinggo mendirikan Posko Penanggulangan Bencana secara serentak diseluruh Koramil Jajarannya, hal ini adalah bentuk kepedulian kita dengan kondisi wilayah teritorianya, dengan adanya Posko tersebut membuat kita lebih siap menghadapi situasi terburuk yang disebabkan oleh cuaca ektrime yang bisa saja terjadi setiap saat dan dimanapun,”Pungkasnya .(Naldi Lero)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *