114 views

Dandim 0820/Probolinggo Pimpin Penanaman Vetiver

Purbolinggo (MA)- Komandan Kodim 0820/Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo S.E., M.I.Pol, Kapolres, AKBP Ferdy Irawan S.I.K., M.S.i, dan Drs. H. A.Timbul Prihanjoko, Wakil Bupati Probolinggo, beserta anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo, dan sekira 250 orang dari berbagai instansi terkait, serta elemen masyarakat hari ini melakukan penanaman bibit rumput VERTIVER atau biasa disebut tanaman akar wangi di lereng bukit Desa Bremi Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Senin, (24/02/20)
Adapun lokasi penanaman bibit rumput VERTIVER terletak  di lereng bukit di Desa Bremi Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo dikarenakan wilayah tersebut merupakan daerah lereng yang mana disaat musim penghujan rawan terjadi longsor karena struktur tanah yang gembur dan banyak tebing.
Dalam kesempatan ini penjelasan tentang manfaat tanaman rumput VETIVER di sampaikan oleh Komandan Kodim 0820/Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo terhadap para hadirin yang telah hadir di lokasi penanaman untuk mendukung kegiatan penanaman bibit rumput VETIVER di lereng bukit di Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.
Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Probolinggo, mengatakan, Pagi ini yang punya program adalah Komandan Kodim 0820/Probolinggo yang mendapatkan bibit rumput VETIVER ini dari Bapak Pangdam V/Brw, dan kami semua mendukung program Presiden Republik Indonesia, Bpk Joko Widodo melalui TNI, kita patut berterima kasih  kepada TNI yang sangat sigap dan peduli dengan wilayah kita ini.
Rumput VETIVER adalah dalam bahasa kita yaitu “Akar Rumput Wangi”, kenapa di sebut akar wangi, karena kalau kita suling akan menghasilkan minyak untuk pengharum, diantaranya pengharum sabun, minyak wangi, ruangan atau yang lainya.
Hari ini tujuan kita adalah pembudidayaannya, karena akar wangi ini akarnya sangat berguna dan bisa menahan tanah dengan kuat sekali dapat menjalar hingga sekitar 6 meter, selain hal tersebut bisa juga di gunakan untuk kerajinan serta daunya untuk makan ternak dan bulirnya bisa untuk makan burung.
Pembudidayaan tanaman rumput VETIVER ini adalah perintah Bapak Presiden Republik Indonesia langsung dan kita mendapatkan bibit sebanyak 2000 bibit yang dialokasikan dibeberapa titik, diantaranya di Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo
Sementara itu Babinsa Bremi Koramil 0820/25 Krucil, Sersan Satu Awan Murau merasa bangga, Desa Binaannya mendapatkan bagian dalam penanaman rumput VETIVER ini, karena daerahnya ini rawan akan bencana longsor dan rumput VETIVER ini adalah salah satu solusinya karena rumput VETIVER yang akan di tanam ini sangat mudah berkembang dan mudah pemeliharaanya. Akarnya sangat panjang kebawah sehingga kuat menahan tanah yang mudah longsor. Pungkasnya di akhir kegiatan penanaman.(Naldi Lero)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *