406 views

KABAR LAMTIM–Ratusan Warga Desa Braja Asri, Antusias Manfaatkan Layanan Pengobatan Gratis

Braja Asri, (MA)–Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) dan Posyandu Lansia serta program Bupati Lampung timur, dalam pengobatan gratis adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi yang dikelola oleh kader masyarakat dan petugas kesehatan melalui pembinaan terpadu.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Salah satu Posbindu yang juga aktif melakukan kegiatan monitoring terhadap kesehatan warganya adalah Posbindu dan Posyandu Lansia Desa Braja Asri dari Puskesmas Kecamatan Way Jepara yang di lakukan di Gedung Desa Braja Asri. Rabu (26/2/20).

 

Pada kegiatan tersebut sasaran POSBINDU kali ini adalah para remaja desa Braja Asri dan tidak dipungkiri para Pasangan usia subur juga ramai datang untuk Periksa dan Sekedar berkonsultasi.Selain itu didalamnya ada pembahasaan mengenai program-program yang bermanfaat untuk kesejahteraan warga.

Susiati sebagai salah satu Kader Kesehatan Desa Braja Asri mengatakan “,Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang beresiko terkena penyakit PTM. Bagi masyarakat beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM.” Ujarnya

Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Kepala Desa Braja Asri Darusman menambahkan, Posbindu dan pengobatan gratis sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Braja Asri.

“Harapan kami semoga ke depannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi dengan jumlah penerima manfaat lebih banyak lagi, karena kesehatan itu lebih penting dibandingkan harga kita” Ucap Darusman.

Ratusan warga menyambut antusias Posbindu dan juga pelayanan pengobatan gratis ini. Warga terlihat berdatangan untuk memeriksakan kesehatannya, mulai dari cek tensi darah, cek kadar gula, kolesterol, asam urat, dan sejumlah keluhan penyakit lain. Warga yang sudah diperiksa kemudian mendapatkan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang dikeluhkan. Jelas Kepala Desa

Sementara itu, Jarwo (26) warga sekitar yang sedang berobat, mengatakan adanya Posbindu sangat membantu. “Posbindu sangat membantu kami untuk berobat maupun menjaga kesehatan dan menanggulangi penyakit menular”. jelasnya

(BENNY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *