111 views

Kabupaten SBD Belum Punya Alat Scanner Untuk Deteksi Virus Corona

 

Sumba Barat Daya, MA – Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya, belum memiliki alat deteksi penderita virus Corana atau Covid-19 yang ditempatkan di pintu masuk kedatangan Warga Negara Asing atau Domestik di Bandara maupun di Pelabuhan Laut dan Darat.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat Daya, dr. Yulius Kaleka ketika dikonfirmasi wartawan di Puskesmas Waimangura, usai meresmikan puskesmas tersebut, Kamis 12/03/2020.

Meski belum memiliki alat scanner khusus untuk mendeteksi penderita virus Corona, Yulius meminta agar masyarakat SBD tidak panik dengan persoalan Corona yang sudah masuk dan meresahkan masyarakat Indonesia, sebab setiap WNA akan diwajibkan membawa surat keterangan Kesehatan bebas Corona.

“Kita belum punya alat deteksi virus Corona tapi kita akan minta Surat Kesehatan untuk setiap Warga Negara Asing (WNA) yang datang berwisata ke SBD, pemeriksaan surat melalui bandara dan pelabuhan. Kita akan Koordinasi dengan pihak otoritas bandara dan pelabuhan di SBD,” tuturnya.

Selain itu, saat ini Dinas Kesehatan SBD masih memiliki 172.000 masker yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat apabila ada indikasi Virus Corona masuk SBD.

“Kita di SBD masih cukup ketersediaan Masker, masyarakat jangan panik. Tetaplah bergaya hidup sehat dengan rajin cuci tangan, makan makanan bergizi dan minum air yang banyak. Jadi kita jangan memberikan kepanikan kepada masyarakat terkait virus corona ini,” jelas dia.

(Naldi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *